Home Lintas Jateng KPU Blora Masukkan Mantan Napi Koruptor ke DCT 

KPU Blora Masukkan Mantan Napi Koruptor ke DCT 

1294
0
KPU Blora Masukkan Mantan Napi Koruptor ke DCT 
       BLORA, 20/9 (BeritaJateng.net) – Komisi pemilihan umum (KPU)  kabupaten  Blora, akhirnya memasukan nama HM warsit ke dalam daftar calon tetap (DCT) pileg 2018. Masuknya nama Warsit dalam DCT, setelah KPU RI mengeluarkan surat edaran Nomor 1095/PL.01.4-SD/03/KPU/IX/2018.
       Dari adanya surat edaran yang bertanggal 19 September 2018 dan ditanda tangani oleh Ketua KPU RI Arief Budiman Komisi Pemilihan Umum  (KPU) Blora langsung melakukan tindak lanjut sebagiaman yang tertera dalam SE tersebut. ”Sudah hari ini Warsit sudah kami masukan kedalam DCT,” ujar Komisioner KPUK Blora Achmad Husain.
        Dengan dimasukkannya ke dalam DCT, maka HM warsit akan maju sebagai calon anggota legislative DPRD Blora untuk daerah pilihan (dapil) 3 dengan nomor urut 1.
      Menurut Husain, meski sudah ditetapkan ke dalam DCT, namun, masih ada 4 peryaratan yang belum dipenuhi oleh Warsit. Yakni, surat keterangan dari kepala lembaga pemasyarakatan yang menerangkan bahwa bakal calon yang bersangkutan telah selesai menjalankan pidana penjara berdasarkan putusan pengadilan yang telah ber kekuatan hukum tetap, salinan putusan pengadilan yang telah berkekuatan hukum tetap, surat dari pemimpin redaksi media masa lokal atau nasional yang menerangkan bahwa bakal calon telah secara terbuka dan jujur mengemukakan kepada publik sebagai mantan terpidana,
Serta bukti pernyataan atau pengumuman yang ditayangkan di media masa lokal atau nasional. ”Dan Warsit masih belum mengumpulkan itu, kami beri waktu tiga hari kedepan,” ujarnya.
        “Tapi kalau Warsit tidak bisa memenuhi syarat tersebut hingga 3 hari kedepan. Maka dengan terpaksa Warsit dinyatakn tidak memenuhi syarat oleh KPU,” lanjut Husain.
       Sementara  itu, jumlah DCT yang ditetapkan KPU Blora untuk pileg 2019 sebanyak 481 orang.
(MN/El)