Home Headline KPU Blora Coret Bacaleg Mantan Napi Korupsi

KPU Blora Coret Bacaleg Mantan Napi Korupsi

710
0
KPU Blora Coret Bacaleg Mantan Napi Korupsi
       BLORA, 23/7 (BeritaJateng.net) – Komisi pemilihan umum (KPU) kabupaten Blora mencoret salah satu bakal calon legislatif (bacaleg) yang merupakan mantan napi korupsi. Pencoretan tersebut dilakukan sesuai peraturan PKPU nomor 20 tahun 2018 tentang larangan mantan napi korupsi sebagai bakal calon anggota legislatif.
        Mantan napi yang dicoret KPU tersebut bernama HM Warsit yang tak lain adalah mantan ketua DPRD kabupaten Blora tahun 2003.
       Dalam pencalegannya, HM warsit diusung partai Hanura untuk dapil 1 DPRD kabupaten blora. “Iya kemarin langsung kita lakukan pencoretan,” ujar komisioner KPU Blora Ahmad Husein saat ditemui di kantor KPU Blora, Senin (23/7/2018).
        Husein menambahkan, pencoretan Warsit dilakukan karena sesuai aturan PKPU serta melanggar pakta integritas parpol dimana dalam pakta integritas tersebut parpol tidak boleh menyertakan calon bandar narkoba, pelaku kejahatan seksual dan mantan napi korupsi.
       “Karena di SKCK menunjukkan yang bersangkutan mantan korupsi maka dengan terpaksa kita lakukan pencoretan,” terang Husein.
       Menurut Husein, KPU sendiri memberi batas waktu mulai tanggal 22 Juli sampai 31 Juli bagi parpol untuk melakukan perbaikan berkas bacaleg. “Jadi mulai tanggal 31 juli semua berkas perbaikan sudah harus masuk dan tanggal 1-7 Agustus kita lakukan verivikasi untuk ditetapkan menjadi daftar caleg sementara (DCS) pada tanggal 8 Agustus,” pungkas Husein.
(MN/El)