Home Lintas Jateng KPPJ Akan Kawal Proyek Penampungan Pedagang Johar di MAJT

KPPJ Akan Kawal Proyek Penampungan Pedagang Johar di MAJT

Semarang, 10/11 (BeritaJateng.net) – Komunitas Peduli Pasar Johar (KPPJ) pAM Swakarsa mendirikan pos pengamanan dan keamanan proyek pembangunan di lokasi Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT). Keberadaan Pam Swakarsa tersebut beranggotakan 113 orang yang terdiri dari warga masyarakat di 16 kecamatan di kota Semarang.

Ketua Komunitas Peduli Pasar Johar Pam Swakarsa, Donna Imam Susetyo mengatakan, Pam swakarsa ini didirikan bersama Babinsa, Denpom LPMK Sambirejo dan tokoh masyarakat dari 16 kecamatan di kota Semarang.

“Pendirian Pamswakarsa bertujuan untuk keamanan dan kelancaran proyek pembangunan lapak penampungan pedagang pasar Johar korban kebakaran 9 Mei 2015 lalu,” ujarnya.

Menurutnya, hal ini juga sebagai solidaritas pada korban kebakaran pasar Johar yang terkena musibah, meski dengan tempat yang seadanya.

“Pamswakarsa bekerja berdasarkan anggaran swadaya sendiri, bahkan kami berencana menambah fasilitas CCTV untuk memantau kondisi keamanan dilapangan,” katanya.

Ia menjelaskan, pengawalan dan keamanan bukan hanya saat pengerjaan proyek tempat relokasi, namun akan berlanjut hingga operasional pasar. “Dengan banyaknya material dan keluar masuknya barang, keberadaan Pamswakarsa diyakini dapat meminimalisir penyelewengan dan kejahatan di lokasi proyek,” paparnya.

Dalam penjagaan, imbuhnya, dalam sehari Pamswakarsa membagi kelompok menjadi tiga shift dengan masing-masing berjumlahkan personil 10 orang persatu shiftnya.

Kondisi dilapangan saat ini, progres proyek tempat telokasi sudah berdiri beberapa rangka bangunan pasar. Sayangnya, pihak kontraktor proyek tidak bersedia memberikan keterangan kepada media terkait progres dan target penyelesaian pembangunan. (Bj)