Home Ekbis Kosamas Konsisten Berdayakan Umat

Kosamas Konsisten Berdayakan Umat

697

image

Semarang, 22/6 (BeritaJateng.net) – Tak banyak masyarakat yang tahu mengenai keberadaan koperasi syariah ini. Koperasi Syariah Masjid Agung Semarang (Kosamas), sebuah koperasi syariah yang dijalankan oleh pengelola Masjid Agung Semarang (MAS), yang saat ini diketuai oleh Abdullah Toha Al Munawar.

Kosamas didirikan 7 tahun yang lalu tepatnya pada Agustus 2008, yang berkantor di lantai dus Masjid Agung Semarang, jalan Alun-Alun Barat Semarang.

Pendirian koperasi ini dilatar belakangi keresahan masyarakat akan keberadaan rentenir yang dirasa menyulitkan dan sama sekali tidak dapat membantu masyarakat dalam menyelesaikan masalah ekonomi.

Untuk itulah kehadiran Kosamas diharapkan dapat mengatasi dan menjadi solusi atas keresahan tersebut.

Gagasan untuk mendirikan Kosamas pertama kali dicetuskan oleh Hasan Al Munawar yang saat itu sebagai ketua Ikatan Remaja Islam Masjid Agung Semarang (Karisma).

Sementara itu, Nurul Aziz selaku salah satu pengurus Kosamas, saat diwawancarai di kantornya Senin (22/6) siang menuturkan tujuan didirikannya koperasi ini salah satunya adalah untuk memberdayakan masyarakat khususnya umat muslim.

Menurut Aziz, lanjutnya ada dua program yang dijalankan Kosamas, yakni Pokjam (Kelompok Peminjam) dan PB (Pinjaman Berjangka). Untuk jenis Pokjam saat ini sudah ada kurang lebih 300 nasabah. Dalam Pokjam itu sendiri sama sekali tidak dibebankan bunga dan tanpa adanya agunan.

“Untuk Pokjam diprioritaskan kepada masyarakat yang memiliki sebuah usaha, dan memang untuk sekarang ini nasabah Pokjam hampir sebagian besar para pedagang Johar” ujarnya.

Sedangkan untuk PB (Pinjaman Berjangka) diperuntukkan kepada semua masyarakat baik yang memiliki usaha maupun yang tidak.

“Namun untuk jenis program PB, kami berlakukan agunan sebagai salah satu syarat, dan juga ada sistem bagi hasil didalamnya. Untuk jumlah nasabahnya sendiri sudah ada 125” jelasnya. (Mg-2)

Advertisements