Home Ekbis Koperasi Ikut Mendorong Geliat Ekonomi Rakyat

Koperasi Ikut Mendorong Geliat Ekonomi Rakyat

628
0

Demak, 31/7 (BeritaJateng.net) – Koperasi memiliki andil besar dalam peningkatan perekonomian di Kabupaten Demak. Dan tak bisa dipungkiri bahwa keberadaan koperasi, banyak membantu Pemkab Demak dalam upaya pengentasan kemiskinan, menggeliatkan UMKM serta pembangunan di Demak.

“Kita semua patut berterimakasih kepada koperasi, terutama para pegurus koperasi yang telah bersudah payah memberikan sumbang sihnya untuk ikut menggerakan roda perekonomian di Demak tercinta,” kata Bupati Demak, M Natsir, saat membuka acara Sarasehan Pemberdayaan Koperasi, Senin (30/7/2018).

Acara yang berlangsung di Pendopo Kabupaten Demak itu, dihadiri oleh Sekda Demak, Singgih Setyono, Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi dan UKM Kabupaten Demak, Siti Zuarin, Perwakilan Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jawa Tengah serta Dewan Koperasi Daerah Kabupaten Demak.

Lebih lanjut Bupati Natsir menambahkan,
di usianya yang ke 71, pengelolaan koperasi tentunya harus lebih ditingkatkan dan profesional.

“Ya harus ditingkatkan. Lebih bagus lagi. Penggiat koperasi harus menunjukan kinerja yang baik, lebih semangat dan dikelola lebih profesional,” ujarnya.

Pada peringatan hari jadi koperasi tahun ini, sambung Bupati Natair, kiranya koperasi dan pengurusnya perlu memanfaatkan momemtum itu untuk mencerna, mendalami dan mengoreksi sejauh mana perkembangan dan kemajuan yang dicapai koperasi, terutama dalam upaya membangun ekonomi untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat.

”Saya yakin jika koperasi dikelola lebih baik, maka dapat dipastikan anggotanya akan lebih sejahtera sekaligus dapat menyelesaikan persoalan sosial dan budaya masyarakat kita,” ungkapnya.

Sementara Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi dan UKM Kabupaten Demak, Siti Zuarin, mengatakan, sarasehan itu dimaksudkan guna mendorong gerakan koperasi , untuk menyadari bahwa sebagai badan hukum dan pelaku ekonomi harus sehat, kuat, mandiri dan tangguh serta berdaya saing,

“Koperasi harus mampu menghimpun dan menggerakkan potensi ekonomi sosial dan budaya.  Menumbuhkembangkannya menjadi lebih baik dan meningkatkan koordinasi perkoperasian,” kata Zuarin.

Dalam acara sarasehan yang diikuti oleh 250 peserta yang terdiri dari pengurus, pengawas, pengelola koperasi di Kabupaten Demak tersebut, ditetapkan pemenang penghargaan koperasi berprestasi tingkat Kabupaten Demak dalam rangka kegiatan pembinaan dan pengawasan tahun 2018.

Selain itu , juga diserahkan donasi gerakan koperasi dari KSPPS Made, KSP Margi Rizki, Primkoveri, KUD Pringgondani dan KSP KUD mintorogo yang diberikan kepada 30 anak yatim piatu. (El)