Home Hukum dan Kriminal Konsumsi Sabu, Dua Pemuda Ditangkap

Konsumsi Sabu, Dua Pemuda Ditangkap

1033
0
Konsumsi Sabu, Dua Pemuda Ditangkap
     KAJEN, 24/9 (BeritaJateng.net) – Kepolisian Resor Pekalongan menangkap dua pemuda yang diketahui sebagai pengguna atau konsumen narkotika jenis sabu di wilayah kerjanya baru-baru ini. Keduanya ditangkap di tempat terpisah dengan diamankan sejumlah barang bukti.
      Kapolres Pekalongan AKBP Wawan Kurniawan melalui Kasubag Humas Polres Pekalongan Iptu Akrom mengatakan, kedua pelaku yang diamankan itu yakni warga Dusun Gembong 12 Kelurahan Kedungwuni Barat Kecamatan Kedungwuni Kabupaten Pekalongan Riki Hamzah (21) dan warga Kelurahan Pekuncen Kecamatan Wiradesa Kabupaten Pekalongan Akhmad Abror (26).
      “Untuk Riki polisi menangkapnya di Jalan Raya Pekajangan Kelurahan Pekajangan Kecamatan Kedungwuni Kabupaten Pekalongan pada Jumat (21/9) malam. Sedang A Abror ditangkap di Jalan Raya Desa Bojongminggir Kecamatan Bojong Kabupaten Pekalongan Sabtu (22/9) malam,” katanya.
       Bersama pelaku, kata dia, polisi juga mengamankan sejumlah barang bukti seperti sabu seberat 0.80 gram, handphone dan sabu seberat 0,24 gram. Penangkapan ini, berkat adanya informasi peredaran sabu di lingkungan masyarakat yang membuat resah.
       “Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya pelaku akan dikenakan Pasal 114 ayat (1) subsider Pasal 112 ayat (1) Undang-undang RI Nomor 35 tahun 2009 tentang Narkotika. Dengan ancaman pidana penjara paling singkat 5 tahun dan paling lama 20 tahun, dan pidana denda paling sedikit Rp 1 miliar dan paling banyak Rp 10 miliar,” terang dia.
       Dikatakannya, dengan adanya penangkapan ini menjadi tambahan daftar catatan Polres Pekalongan sendiri dalam komitmen memberantas narkoba yang sasaran penggunanya tidak mengenal lapisan masyarakat, jenis kelamin, profesi maupun usia.
       “Narkoba ini sengaja diedarkan untuk merusak generasi muda. Jadi kami mengucapkan terimakasih atas partisipasi aktif masyarakat dalam menjaga kondusivitas daerah, khususnya dalam pemberantasan narkoba,” ucapnya.
       Dirinya juga mengimbau kepada masyarakat jangan pernah bersinggungan dengan narkoba, karena selain dihadapkan ancaman hukuman pidana juga akan membuat masa depan menjadi suram. “Masyarakat jangan segan-segan lapor jika mendapati adanya pengguna, pengedar maupun kurir narkoba. Kami akan segera menindak lanjuti,” tandasnya. (ST/El)