Home Headline Konferwil II AMSI Jawa Tengah Resmi Dibuka

Konferwil II AMSI Jawa Tengah Resmi Dibuka

207
Ketua DPRD Prov Jateng, Bambanv Kusriyanto memukul gong sebagai simbolis dibukanya Konferwil II AMSI Jateng.

SEMARANG, 28/11 (BeritaJateng.net) – Konferensi Wilayah (Konferwil) II Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) Jawa Tengah (Jateng) digelar Sabtu (28/11/2020).

Konferwil II Jateng digelar di Hotel Pesona Semarang diikuti oleh 22 media siber di Jateng. Hadir dalam kegiatan itu Ketua DPRD Jateng, Bambang Kusriyanto sekaligus membuka acara, Ketua Dewan Penasehat AMSI yang juga CEO Tirto.id, Sapto Anggoro, Ketua AMSI Jatim, Arif Rahman.

Dalam sambutannya, Ketua AMSI Jateng, Suwarmin mengatakan anggota AMSI merupakan pers yang sudah berbadan hukum dan terverifikasi atau sedang dalam proses verifikasi Dewan Pers.

“Masyarakat itu butuh media yang bertanggung jawab. AMSI mempunyai tanggung jawab menyajikan informasi yang bertanggung jawab di ruang publik. Ini momentum yang baik bagi anggota AMSI untuk berlari kencang, menjadi pers yang sehat dan bermanfaat bagi masyarakat,” ujar Suwarmin.

Sapto menyatakan AMSI sudah berada di 22 wilayah di Indonesia. Salah satu program yang dilakukan AMSI yakni cek fakta. “Di AMSI yang kita bicarakan yakni critical thinking. Bukan sekadar kebaikan tapi juga kebenaran itulah yang kita lakukan di Cek Fakta untuk menangkal hoaks dan bermanfaat bagi masyarakat,” katanya.

Hasil riset terbaru tahun 2020, penetrasi pengguna internet Indonesia 73,7% atau sama dengan 196,7 juta dengan pertumbuhan pengguna 8,9% atau 25 juta dibanding tahun lalu. “Penetrasi pengguna banyak dikuasai bukan hanya dari wilayah perkotaan. Ini menjadi suatu tantangan. Siapapun yang terpilih bisa menjadi kemajuan bagi anggota AMSI di daerah,” lanjut Sapto.

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, dalam sambutan daringnya berharap informasi yang disajikan anggota AMSI semoga bermanfaat bagi masyarakat.

Kegiatan dilanjutkan dengan pembukaan Konferwil AMSI yang ditandai dengan pemukulan gong oleh Ketua DPRD Jateng, Bambang Kusriyanto.

Bambang mengatakan, informasi secara masif dengan mudah masuk ke dunia media sosial, informasi hoaks dengan mudah pula menyebar.

“Sekarang ini dengan jempol saja sebuah informasi yang belum tentu benar bisa begitu cepatnya disebarkan, hanya dengan jempol bisa melanggar hukum, bisa menimbulkan situasi yang tidak kondusif. Nah media siber ini mempunyai peran besar untuk melawan berita-berita bohong. Wartawannya bekerja dengan sesuai kode etik jurnalistik. Saya berharap media siber di Jateng ini ikut berperan aktif dengan tetap menjaga kualitas dan berperan dalam kepentingan nasional,” ujar Bambang.

Hadir dalam pembukaan Konferwil II AMSI Jateng, Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Statistika dan Persandian, Bambang Pramusinto. Konferwil AMSI juha didukung oleh Sukun, Pertamina EP, Sidomuncul, Jamkrida Jateng, PRPP Jateng, SPJT, Ngingu, Monod, Dep Huise Kota Lama. (El)