Home Lintas Jateng Kondisi Jalan di Jateng Masih Banyak yang Bergelombang, Berlubang dan Minim Rambu

Kondisi Jalan di Jateng Masih Banyak yang Bergelombang, Berlubang dan Minim Rambu

475

SEMARANG, 14/12 (BeritaJateng.net) – Salah satu program andalan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo adalah dibidang infrastruktur terutama infrastruktur jalan. Namun setelah berjalan dua tahun, kualitas jalan di Jateng terutama bagian barat masih buruk, sehingga rawan terjadi kecelakaan.

Anggota Komisi D DPRD Jateng Mustholih mengungkapkan, kondisi jalan jalan provinsi di wilayah tersebut banyak yang bergelombang dan masih banyak ditemukan jalan berlobang. “Dari pantauan yang kami lakukan, kwalitas jalan di Daerah Brebes sampai Cilacap banyak yang bergelombang, berlobang dan minim rambu,” ungkapnya, Jumat (11/12).

Mustholih menjelaskan, selain jalan aspal yang masih belum rata, Komisi D juga menemukan jalan jalan beton yang pada sambungan antar beton memiliki rongga dan juga tidak rata sehingga ketika dilewati kendaraan terasa tidak nyaman dan menimbulkan suara.

“Ketika melewati sambungan beton akan muncul suara glodagan. Kondisi membuat tidak nyaman,” jelasnya.

Masih pada jalan beton, Lanjut Mustholih, pembangunannya tidak mengindahkan kepentingan pejalan kaki dan pengemudi sepeda. Seharusnya disediakan trotoar atau sempadan jalan untuk mereka.

“Saya minta Pemprov Jateng khususnya dinas terkait lebih teliti melakukan pengawasan dimulai dari perencanaannya sehingga kwalitas jalan di Jawa Tengah bisa baik dan aman bagi masyarakat khususnya pemakai jalan,” tegasnya.

Senada dengan Mustholih, Sekretaris Komisi D DPRD Jateng, Jayus mengatakan, pihaknya sudah sering melakukan teguran dan mengkritisi pelaksanaan pembangunan jalan di Jateng bagian barat. Namun sampai saat ini tidak banyak perubahan yang dilakukan.

Melihat kondisi yang ada, baik Jayus maupun Mustholih mengharapkan pada tahun anggaran 2016, Pemprov Jateng khususnya Dinas Bina Marga lebih teliti dalam merencanakan dan melaksanakan pembangunan infrastruktur jalan , apalagi masalah infrastruktur merupakan prioritas program dari Gubernur Ganjar Pranowo. (BJ13)