Home Headline Komik ‘Me Vs Covid-19’, Edukasi Anak tentang Prokes Lewat Gambar

Komik ‘Me Vs Covid-19’, Edukasi Anak tentang Prokes Lewat Gambar

Launching komik edukasi Prokes 'Me Vs Covid-19 melalui virtual.

SEMARANG, 18/11 (BeritaJateng.net) – Yayasan Sekolah Kristen Indonesia (YSKI) Tanjung meluncurkan komik bertajuk ‘Me Vs Covid-19’ yang bertujuan untuk mengedukasi anak-anak tentang pentingnya penerapan protokol kesehatan (Prokes) lewat gambar.

Peluncuran komik edukasi prokes ‘Me Vs Covid-19’ dilakukan secara daring bertajuk ‘Be A Hero’ pada Rabu (17/11).

Acara ini menampilkan kecerdasan anak-anak yang beragam mulai dari kecerdasan musikal dengan penampilan anak bernyanyi, memainkan alat musik keyboard dan biola.

Selain itu acara juga dilanjutkan dengan penampilan siswa yang menunjukkan gerak taekwondo dan flag dance yang termasuk dalam kecerdasan kinestetik oleh siswa siswi SD Kristen 3 YSKI Semarang.

Selain menanamkan rasa menghargai perjuangan Pahlawan Kemerdekaan, Anak-anak juga mendapat pengetahuan yang dihubungkan dengan spiritualitas dengan eksposisi tokoh Alkitab sesuai dengan tokoh yang memiliki kecerdasan dalam hal musik dan kinestetik yaitu Daud.

Di waktu yang sama SD Kristen 3 YSKI juga meluncurkan buku komik karya siswa, yang diresmikan oleh Ponimin, S.Pd, M. Si selaku Koordinator Satuan Pendidikan (Korsatpen) Semarang Tengah dan Desy Setiowati, S.Pd, M.M selaku Manager Akademik YSKI.

Buku komik dengan judul “Me Vs Covid-19” ini, merupakan karya nyata siswa siswi SD Kristen 3 YSKI dengan kecerdasan visual sekaligus mengajak masyarakat untuk tetap menyadari, bahwa Covid 19 masih ada di sekitar kita sehingga prokes harus tetap dipegang dalam setiap aktivitas masyarakat.

Didalam komik ‘Me Vs Covid-19’ itu berisi nasehat dan tata cara protokol kesehatan yang benar seperti pantingnya memakai masker, mencuci tangan dan memakai masker serta menjaga jarak dan menghindari kerumunan.

Sementara itu, Komite sekolah Yenny Krisbiyanti dalam sambutannya mengatakan, buku komik dengan ISBN resmi ini terdiri dari 17 komik karya siswa dan satu komik karya guru.

“Komite sekolah SD Kristen 3 YSKI mendukung dan mengapresiasi acara ini. Meski di tengah pandemi YSKI Tanjung tetap konsisten berkarya dan terus maju memberi dampak dalam dunia pendidikan,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala SD Kristen 3 YSKI Semarang, Elisabeth Risa Kurniastuti mengatakan, pembuatan komik ini lebih menceritakan kembali karya yang anak buat.

Sehingga bisa menjadikan anak memahami ide apa yang telah ia tuangkan dalam sebuah karya. Hal ini, juga dapat dijadikan sebagai bagian orang tua untuk mengapresiasi karya anak.

“Karena sejatinya kegiatan ini merupakan wadah pengembangan bakat visual siswa. Selain itu juga mengajak masyarakat untuk tetap aware dengan virus Covid-19,” ungkap miss Risa sapaan akrabnya. (Ak/El)