Home Hiburan Komik Kendal Gelar Program Musik Akustik

Komik Kendal Gelar Program Musik Akustik

Kendal, 14/12 (BeritaJateng.net) – Komik Coustic merupakan salah satu program dari Komunitas Musisi Kendal. Sebuah program panggung musik akustik untuk band indie atau solois di Kendal.

“Kami mempersilakan bagi semua kalangan musisi, namun kali ini kami beri kesempatan yang seluas-luasnya dulu bagi musisi Kendal. Baik yang masih pemula maupun yang sudah memiliki jam terbang tinggi,” tutur Muhamad Farid Musthofa, wakil ketua Komik, saat ditemui selepas acara, (13/12).

Menurut Farid, setiap kali penyelenggaraan Komik Coustik, dihadirkan minimal satu bintang tamu, baik dari lokal, yang dimaksudkan agar memberikan contoh baik, dan spirit bagi band/solois pemula yang notabene masih membutuhkan jam terbang dan pengalaman dunia panggung musik.

”Walaupun bintang tamu yang kami hadirkan tetap saja kami upayakan potensi teman-teman lokal Kendal dulu. Karena sebenarnya banyak potensi yang dimiliki musisi lokal dengan kualitas yang begitu hebat. Namun hanya saja belum muncul saja,” imbuh Farid, yang juga merupakan pengelola Selecta Production, Patebon Kendal.

Acara dimuali pukul 10.00 hingga 17.00 WIB. Diisi oleh musisi dan band-band lokal Kendal, di antaranya V-Zero Siroju Fingerstyle, GreenKustik, Fajar Kurniawan (Solois Gitar), Andi P. (Solois Gitar), Vandhawa, Strawberry, Aster, Walking To Athens, Orlando, Uvo, Silenece In The Dark, Break, Desperado, Good Bye Good Night, The Maxwel, Summer Rain, Yusuf Kurniawan (Solois Gitar), dan D’Jem Brother Cov.

Komik Coustic ini diupayakan untuk dapat diselenggarakan bulanan, dua bulanan, atau tiga bulanan. Dengan harapan besar dapat menjadi wadah bagi musisi muda Kendal, sebelum terjun di panggung yang lebih besar.

Misalnya, pada kesempatan penyelenggaraan Komik Coustic #1 ini, ada 18 yang mengisi acara, di antaranya 4 solois gitar, lalu sisanya band semi akustik dan akustik.

“Konsep acara akan dikemas seperti Music Everywhere. Setiap band akan diambil video dokumentasi, dibiayai oleh pemilik Kopi Walet Kafe Pondok Ijo yang menyediakan tempat sepenuhnya gratis. Lengkap dengan sound yang istimewa pula. Nantinya jika ada band yang mau minta videonya bisa melalui Komik, dan sebenarnya gratis, hanya dimintai mengisi kas sekadarnya saja,” ungkap Ken Risky Fatimah, salah seorang perempuan muda belia, motor penggerak Komik.

Selanjutnya menurut Ken, dokumentasi video akan diputar di Kopi Walet Kafe, Pondok Ijo Kendal. Sehingga solois serta band-band lokal Kendal akan mewarnai dan secara otomatis akan turut dipromosikan secara menawan di cafe yang cukup digemari masyarakat di Kendal.

“Acara parade musik perdana sangat direspon baik oleh pemilik cafe. Bahkan untuk event selanjutnya diharapkan sponsor bisa masuk untuk back up operasional dan beberapa kebutuhan lainnya. Walet Kafe Pondok Ijo sangat mendukung penuh kreativitas band Kendal, maka untuk event selanjutnya diharapkan bisa jadi home base band Kendal. Bahkan bagi satu penampil terbaik akan diberi bonus rekaman gratis oleh Arca Record Weleri Kendal,” imbuh Khoirul Altakim, gitaris band Paperless yang juga anggota Komik.

“Tentunya, selain program ini, Komik juga sedang menggodok beberapa program lain, dalam waktu dekat ini sambil menata manajemen, kami juga sedang serius menggodok program Kendal Jagongan Musik. Sebuah forum tahunan yang ditujukan untuk membahas segala persoalan/perkembangan musik di Kendal selama satu tahun,” ujarnya.

Selain itu sebagai ajang silaturahmi untuk membentuk mental musisi, saling menjalin hubungan baik serta dapat menjaga kehormatan masing-masing demi kemajuan bersama, tentunya memajukan musik di Kota Bahurekso tercinta ini.

Forum ini dihadiri oleh musisi Kendal, pemerintah terkait, perusahaan/pengusaha/badan usaha, serta berbagai pihak yang memiliki kepedulian terhadap musik dan kesenian pada umumnya.

“Dalam penyelenggaraan Kendal Jagongan Musik juga diselenggarakan pameran-pameran foto, pemutaran video event musik, serta poster-poster atau selebaran terkait musik di Kendal dalam kurun waktu satu tahun,” pungkas Setia Naka Andrian, ketua Komik. (BJ)