Home Hiburan KOMIK Gelar Musik Satu Hati Lintas Genre

KOMIK Gelar Musik Satu Hati Lintas Genre

969
Pagelaran musik Satu Hati Lintas Genre yang digelar oleh Musisi Kendal
Pagelaran musik Satu Hati Lintas Genre yang digelar oleh Musisi Kendal
Pagelaran musik Satu Hati Lintas Genre yang digelar oleh Musisi Kendal

— Event Perdana dalam Kepengurusan Baru

Kendal, 3/11 (BeritaJateng.net) – Satu Hati Lintas Genre, adalah event perdana yang diselenggarakan Komunitas Musisi Kendal (Komik) pada Minggu, 1 November 2015. Pada kesempatan tersebut Komunitas yang berdiri sejak 10 Oktober 2010 tersebut, menggandeng Tunggul Sakti Motor Kaliwungu yang bertepatan promo produk terbarunya, Honda CB 150 cc dan New Sonic 150 cc. Acara dimeriahkan oleh band-band indie Kendal dan komunitas fotografi Kendal.

“Ada 6 band yang memeriahkan gelaran musik dengan tajuk Satu Hati Lintas Genre ini. Di antaranya Skatato, Godbye God Night, Paperless, Orkes Gathel Budoyo, Sickill Papat, dan Pottato. Serta dipanaskan sesi foto model-model cantik di depan dua produk baru Honda, dibidik secara serius oleh teman-teman komunitas fotografi Kendal,” tutur Setia Naka Andrian, ketua Komik periode 2015-2017 (1/10) di sela-sela acara.

Menurutnya, penyelenggaraan event dimaksudkan untuk membentuk karakter dan mental anak muda. Agar menjadi generasi juara dan mempunyai jiwa muda yang sesungguhnya. Intinya dibidik khusus untuk anak muda, tanpa terkecuali.

“Saat ini Indonesia dalam kondisi yang memprihatinkan terkait generasi penerus. Sehingga perlu adanya gelaran event atau gerakan-gerakan kreatif untuk menyibukkan anak muda dalam aktivitas mulia. Sehingga diharapkan mereka akan kehabisan cara untuk membuang-mbuang waktu. Setidaknya jika kita memutar waktu menuju 87 tahun yang lalu, sejarah besar dicetuskan anak muda. Mereka menyatukan Indonesia melalui bahasa. Mereka mengikrarkan Sumpah Pemuda,” ungkap Naka, yang juga aktif dalam beberapa gerakan seni-budaya serta mengajar di Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni Universitas PGRI Semarang.

Acara berlangsung dengan semarak. Keterlibatan anak muda yang biasanya hanya nongkrong-nongkrong santai sambil menikmati sajian kuliner di seputar alun-alun kota Kendal, namun ketika itu semua berduyun-duyun menuju panggung pertunjukan dan space foto model. Mereka bersorak-sorak, berjoged dan menyanyi bersama dalam lagu-lagu yang dilantunkan musisi-musisi asli Kendal dalam genre musik rock, metal, grunge, reggae dan ska.

“Ini memang sengaja kami tunjukkan beberapa genre musik. Harapannya agar sesama musisi lintas genre dapat saling respect dan tentunya saling mendukung. Untuk para penonton atau penggemar berat genre musik tertentu pun dapat saling membaur dan saling mendukung musisi lokal,” tutur Muhamad Farid Musthofa, wakil ketua Komik, pengelola Selecta Music Studio Patebon Kendal.

Menurutnya, gelaran event tersebut merupakan pijakan awal dalam kepengurusan Komik yang baru saja melaksanakan tugasnya sejak awal Oktober lalu. Saat ini sedang memulai menggodog program-program kreatif yang akan dijalankan selama dua tahun masa kepengurusan.

Setidaknya, Komik kepengurusan baru ini berupaya untuk tidak hanya menggelar event-event selebrasi yang menggundang massa besar saja. Namun ada sisi-sisi edukatif yang akan diperjuangkan demi membentuk musisi-musisi yang memiliki sikap dan karakter yang kuat dalam menjalani aktivitasnya sebagai musisi sejati.

“Nantinya selain event-event dengan panggung besar dan megah yang kami selenggarakan, kami juga akan membuat sebuah forum tahunan yang ditujukan untuk membahas segala persoalan/perkembangan musik di Kendal. Misalnya dalam jangka satu tahun. Serta ajang silaturahmi untuk membentuk mental musisi, saling menjalin hubungan baik serta dapat menjaga kehormatan masing-masing demi kemajuan bersama, tentunya memajukan musik di Kota Bahurekso tercinta ini,” terangnya.

Forum ini dihadiri oleh musisi Kendal, pemerintah terkait, perusahaan/pengusaha/badan usaha, serta berbagai pihak yang memiliki kepedulian terhadap musik dan kesenian pada umumnya. Serta ada pula program menyambangi sekolah-sekolah dan lembaga pendidikan di Kendal dan sekitarnya, yang kami beri nama Komik Go To School. Dan ada banyak lagi program-program kreatif yang hendak kami jalankan. Saat ini sedang digodog. (BJ)

Advertisements