Home Hukum dan Kriminal Kodim Langkat Gagalkan Penyelundupan 40 Ton Bawang

Kodim Langkat Gagalkan Penyelundupan 40 Ton Bawang

bawang merah

Langkat, Sumut, 1/2 (BeritaJateng.net) – Kodim 0203 Kabupaten Langkat, Sumatera Utara, telah menggagalkan penyelundupan 40 ton bawang merah peking asal Malaysia yang tidak dilengkapi dokumen yang sah.

“Kita sita 40 ton bawang merah selundupan,” kata Komandan Kodim 0203 Kabupaten Langkat Letkol Inf Agusman Heri SIP, di Binjai, Minggu.

Ia menjelaskan pengungkapan itu bermula dari informasi tentang adanya kapal yang akan merapat di alur sungai Halaban Jalan Medan-Aceh, Desa Halaban Blok, Kecamatan Besitang, Kabupaten Langkat.

Selanjutnya, unit intel, staf intel dan Koramil jajaran Kodim 0203 Langkat diterjunkan untuk menangkap sebuah kapal barang KM Jasa Perdana, milik Hasbi Affan (43), warga jalan Banda Aceh-Medan Idi Kabupaten Aceh Timur.

“Semula, kapal itu diduga membawa narkoba dari Penang Malaysia, namun setelah dilakukan penggeledahan maka ditemukanlah 40 ton bawang merah peking yang dibawa KM Jasa perdana,” katanya.

Untuk sementara pemilik kapal dan bawang bukti dan para sopir diamankan di Koramil 14/Besitang dan selanjutnya dibawa ke Kodim untuk pemeriksaan lebih lanjut.

“Bila nanti sudah seleai kita periksa akan kita serahkan ke aparat kepolisian guna proses lanjutan,” katanya.

Informasi dari sumber lain menyatakan 40 ton bawang merah itu disita bersama kopi instan asal Malaysia sebanyak 52 kotak dan kawat pagar berduri sebanyak 30 rol. (ant/BJ)