Home Lintas Jateng Kodim Blora Canangkan Penghijauan Dengan Pola Padat Karya

Kodim Blora Canangkan Penghijauan Dengan Pola Padat Karya

BLORA, 29/1 (BeritaJateng.net) –  Komando Distrik Militer (Kodim) 0721/Blora gelar Upacara Pencanangan Penghijauan Dengan Pola Padat Karya Bekerjasama TNI, Dinas Instansi Terkait dan CSR (Corporate Social Responsibility) di lapangan sepak bola Desa Adirejo Kecamatan Tunjungan Blora, Jumat (29/01).

Upacara berjalan cukup Hikmat dan tertib, Pj. Bupati Blora Dr. Ir. Ihwan Sudrajat, M.M, menjadi Irup dan Komandan Upacara Danramil 13/Kunduran Kapten Inf Nyoman Sulamat, peserta Upacara satu SSK (Satuan Setingkat Kompi) Pasukan Kodim 0721/Blora, satu SST (Satuan Setingkat Peleton) Pasukan Yonif 410/Alg, Polres Blora, Satpol PP Blora, Perhutani Blora, Bela Negara, Mahasiswa, SMU N I Tunjungan serta SMP N I Tunjungan.

Selanjutnya Irup Pj. Bupati Blora Dr. Ir. Ihwan Sudrajat, M.M, secara simbolis selain menyerah sejumlah bibit kepada 6 (Enam) perwakilan, diantaranya : bibit Jati, Mahoni, Matoa, Jambu air, sukun dan Trembesi juga melaksanakan penanaman pohon secara simbolis dilokasi disekitar lapangan Upacara

Dalam sambutan Pj. Bupati Blora Dr. Ir. Ihwan Sudrajat, M.M menyampaikan, aksi Program Penghijauan Kodim 0721/Blora, karena kondisi lingkungan hidup di Indonesia mengalami penurunan.

Untuk itu, Pemerintah Kabupaten Blora bekerja sama dengan Kodim 0721/Blora berupaya untuk mengurangi dampak kerusakan dengan melakukan penghijauan di jalan-jalan protokol dan lahan kosong.

“Sekarang zaman telah berubah, bangsa kita telah merdeka, musuh yang kita hadapi sekarang adalah kebodohan, kemiskinan dan kerusuhan lingkungan hidup. Melalui momentum ini, kita kobarkan semangat untuk membenahi segala kekurangan dan kelemahan serta bertekat untuk memberikan yang terbaik dalam melaksanakan tugas,” ujarnya.

Bupati mengingatkan bahwa, gerakan tanam dan Pelihara pohon tersebut merupakan arahan Bapak Presiden SBY pada awal tahun 2010 kepada jajaran TNI dan Pemda.

“Atas nama Pemerintah kabupaten Blora menyambut baik dan memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Kodim 0721/Blora yang telah menggalakkan Program Penghijauan,” tandas Bupati Blora Dr. Ir. Ihwan Sudrajat, M.M

Terpisah, Komandan Kodim 0721/Blora Letkol Inf Ariful Mutaqin menambahkan, program penghijauan dengan pola padat karya, kini pelaksanaannya bukan sekedar menanam pohon saja, tetapi akan ditindak lanjuti dengan perawatan tanaman secara terus menerus, sehingga bibit pohon yang ditanam akan tumbuh dengan baik dan akan mengurangi angka kematian serta kerusakan tanaman yang sudah ditanam.

“Sebanyak 20.158 (Dua Puluh Ribu Seratus Lima Puluh Delapan) pohon,  yang akan di distribusikan ke jajaran Koramil Kodim 0721/Blora, untuk di tanam di jalan-jalan protokol, lahan gersang dan gundul. Bibit tersebut bantuan dari Dinas Instansi terkait dan forum Corporate Social Responsibility (CSR) di wilayah Kabupaten Blora,” jelas Dandim Blora. (Bj)