Home Lintas Jateng Kodam IV Gelar Upacara Tradisional Lepas Mayjen TNI Jaswandi

Kodam IV Gelar Upacara Tradisional Lepas Mayjen TNI Jaswandi

Kodam IV Gelar Upacara Tradisional Lepas Mayjen TNI Jaswandi

Semarang, 27/4 (BeritaJateng.net) – Segenap Prajurit dan PNS Kodam IV/Diponegoro melaksanakan upacara pelepasan mantan Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Jaswandi. Mengawali upacara tradisi pelepasan dilakukan apel bersama dan pemeriksaan pasukan oleh Pangdam IV/Diponegoro didampingi Mayjen TNI Jaswandi. Upacara dipimpin langsung oleh Pangdam IV/Diponegoro di Lapangan Makodam, Kamis (27/4/2017).

Mayjen TNI Jaswandi dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh prajurit dan PNS Kodam IV/Diponegoro yang selama ini telah memberikan dukungan dalam melaksanakan tugas sebagai Pangdam IV selama kurang lebih 1 tahun 9 bulan.

Mantan Pangdam IV ini juga berharap kepada seluruh angggota untuk tetap menjaga soliditas, loyalitas, dan tetap memberikan pengabdian terbaik kepada bangsa dan negara.

“Jaga kekompokan, kebersamaan, dan kemanunggalan TNI-Rakyat,” ungkap Mayjen TNI Jaswandi.

Disisi lain, disampaikan juga agar Kodam IV/Diponegoro tetap menjalin kerjasama dengan instansi lain di wilayah Jateng-DIY guna mewujudkan masyarakat yang aman dan sejahtera.

Kodam IV Gelar Upacara Tradisional Lepas Mayjen TNI Jaswandi
Kodam IV Gelar Upacara Tradisional Lepas Mayjen TNI Jaswandi

Sementara itu, Pangdam IV menyampaikan, bahwa Mayjen TNI Jaswandi memiliki militansi, konsisten, disiplin, kinerja serta profesional yang bagus sehingga dapat memimpin Kodam IV/Diponegoro dengan berbagai keberhasilan.

“Dengan kepemimpinan Mayjen TNI Jaswandi dapat menumbuhkan jiwa korsa, menumbuhkan ide-ide kreatif sehingga Kodam IV menjadi Kodam yang handal dan dapat dibanggakan,” ungkap Mayjen TNI Tatang Sulaiman.

Usai melaksanakan apel bersama, Mayjen TNI Jaswandi mendapatkan penghormatan dari pasukan defile prajurit dan PNS.

Masih dalam rangkaian upacara tradisi, setelah apel bersama dilanjutkan acara lepas sambut Pangdam IV/Diponegoro yang diselenggarakan di Balai Diponegoro, Komplek Makodam IV/Diponegoro.

Hadir dalam acara tersebut Gubernur Akademi Militer, Wakapolda Jateng, Gubernur Jateng, Wakil Gubernur DIY, para pejabat pemerintahan, para tokoh agama, tokoh masyarakat dan akademisi serta Ibu-Ibu persit Kartika Chandra Kirana PD IV/Diponegoro beserta para pengurus.

Mayjen TNI Jaswandi pada kesempatan ini mengucapkan terimakasih kepada seluruh elemen masyarakat Jateng dan DIY yang selama ini telah bekerjasama dalam mewujudkan masyarakat yang aman dan sejahtera.

“Jawa Tengah membutuhkan pemikiran-pemikiran dan ide-ide kreatif untuk membangun Jawa Tengah yang aman dan damai serta sejahtera,” ungkap Mayjen TNI Jaswandi.

Diharapkan masyarakat wilayah Jateng dan DIY khususnya tetap dalam aman, damai dan sejahtera.

Mantan Pangdam IV/Diponegoro yang sekarang menjabat Pangdam Jaya ini juga mohon doa restu kepada seluruh prajurit dan PNS serta seluruh elemen masyakat untuk melanjutkan dalam mengabdi kepada bangsa dan negara.

Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Tatang dalam sambutannya mengatakan, bahwa walaupun sebelumnya lebih banyak bertugas di luar Jawa, namun mengawali pendidikannya di Akademi Militer dan pernah menjabat sebagai Pasi Intel Koram 074/Wrt.

Mayjen TNI Tatang Sulaiman berharap dapat memimpin Kodam IV/Diponegoro dan dapat bekerja sama dengan para unsur pimpinan di wilayah Jateng dan DIY dalam menjaga masyakarat yang tentram, aman dan sejahtera. “Banyak pemimpin di Jateng dan DIY dengan mengawaki berbagai instansi, namun semua bisa berjalan ketika para pemimpin memiliki satu visi dan tujuan”, ungkap Pangdam IV.

Hal senada diungkapkan Gubenur Jateng, selama ini pemerintah telah banyak berkoordinasi dan bekerjasama dalam menyelesaikan permasalahan yang muncul di wilayah Jateng.

Dicontohkan, beberapa kerjasama yang telah dilaksanakan diantaranya mengatasi masalah pengentasan kemiskinan, KB kes, rahab RLTH, sampai dengan masalah pendidikan masayarakat. “Salah satunya yang saat ini dilaksanakan TMMD di berbagai wilayah Jateng merupakan kerjasama TNI dan pemerintah,” jelas Gubernur Jateng.

Sebagai rangkaian penutup, dilaksanakan pengalungan bunga dan penyerahan keris sebagai simbol Prajurit Kodam IV oleh Pangdam IV/Diponegoro kepada Mayjen TNI Jaswandi beserta Ibu Munik Jaswandi. (El)