Home Kesehatan Kodam IV Gelar Test Urine Cegah Peredaran Narkoba pada Prajurit

Kodam IV Gelar Test Urine Cegah Peredaran Narkoba pada Prajurit

935
0
Kodam IV Gelar Test Urine Cegah Peredaran Narkoba pada Prajurit

Semarang, 11/12 (BeritaJateng.net) – Penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika, psikotropika dan bahan (zat) adiktif lainnya, telah menjadi permasalahan dunia, dikarenakan peredarannya tidak lagi mengenal batas Negara dan wilayah.

Di Indonesia, narkotika sudah berdampak ke berbagai daerah, mulai dari perdesaan hingga keperkotaan. Perlu disadari bahwa perang saat ini tidak perlu menggunakan senjata yang canggih. Cukup dengan narkoba, suatu negara sudah bisa dikalahkan.

Untuk itu, pernyataan perang terhadap narkoba tidak hanya di kalangan masyarakat, namun di kalangan TNI juga berupaya melaksanakan pencegahan penyalahgunaan dan peredaran narkoba di kalangan prajurit dan TNI.

Hal tersebut sudah menjadi agenda rutin Kodam IV/Diponegoro untuk memerangi narkoba. Salah satu langkah yang dilaksanakan yaitu dengan menggandeng Badan Narkotika Nasional (BNN) Semarang melalui kegiatan Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) dengan cara test urine kepada segenap anggota prajurit dan PNS.

Kegiatan pemeriksaaan urine diikuti sebanyak 500 anggota prajurit dan ASN Kodam IV/Diponegoro dilaksanakan usai apel bersama di lapangan Parade Makodam IV/Diponegoro dengan melibatkan anggota Staf Inteldam IV/Diponegoro, BNN dan Pomdam IV/Diponegoro (11/12/2017).

Tak hanya bagi anggota di wilayah Garnisun Semarang, Test urine juga di laksanakan di seluruh wilayah jajaran Kodam IV/Diponegoro dalam hal ini Korem dan Kodim.

Selain penerapan program P4GN secara maksimal dan tepat terhadap prajurit di lingkungan Makodam IV/Diponegoro, diharapkan kegiatan ini juga membantu pemerintah dalam menjamin sistem pertahanan kuat dan mengantisipasi upaya pelemahan NKRI maupun terhadap kemungkinan gangguan asing. (Bj/El)