Home Lintas Jateng KM. Mugi Berkah Tabrak Kapal Tongkang, Lima Orang Belum Ditemukan 

KM. Mugi Berkah Tabrak Kapal Tongkang, Lima Orang Belum Ditemukan 

Upaya pencarian lima korban kecelakaan KM. Mugi Berkah di perairan Kendal belum membuahkan hasil.
Upaya pencarian lima korban kecelakaan KM. Mugi Berkah di perairan Kendal belum membuahkan hasil.
Upaya pencarian lima korban kecelakaan KM. Mugi Berkah di perairan Kendal belum membuahkan hasil.

Semarang, 25/9 (BeritaJateng.net) – Sekitar 40 personil gabungan dari Badan SAR Nasional (Basarnas) Semarang, KPLP, Pol Air Polda Jateng, Lanal Semarang, Polres Kendal dan nelayan setempat melakukan pencarian lima korban kecelakaan kapal KM. Mugi Berkah yang tenggelam akibat bertabrakan dengan kapal Tongkang di perairan Kendal. Hingga Jumat (25/9) pukul 17.00 WIB pencarian tim gabungan belum menemukan hasil.

Kepala Badan SAR Nasional (Basarnas) Semarang Agus Haryono mengatakan upaya maksimal pencarian sudah dilakukan Oleh Basarnas dibantu Tim SAR gabungan baik dari Pol Air Polda Jawa Tengah, KPLP Pelabuhan Tanjung Emas Semarang serta para unsur SAR yang lainnya.

Agus menjelaskan, lokasi titik datum kapal yang hilang akibat terbawa arus setelah di tandai Tim SAR pada rabu malam (23/9) menjadi penghambat utama dalam pencarian Operasi SAR KM.Mugi Berkah tersebut.

“Sesuai dengan data arah arus dan angin laut untuk pencarian sendiri kita fokuskan di area timur titik datum pertama sejauh 5 NM dengan luas  area pencarian 36 NM dengan metode pencarian paralel atau menyapu area bolak-balik untuk memastikan korban terapung,” ungkap Agus melalui rilisnya.

DSC_0413

Dirinya menjelaskan dua Kapal milik Basarnas KN.SAR Sadewa dan KPLP telah dikerahkan dalam proses operasi SAR dibantu kapal-kapal nelayan yang melintas untuk melakukan pertolongan SAR apabila tanda-tanda keberadaan korban terlihat.

Sebelumnya, operasi SAR dilakukan dengan menerjunkan Tim Penyelam. “Mengingat bahwa kondisi kapal mugi Berkah yang bertabrakan belum sepenuhnya tenggelam dan masih terlihat dipermukaan laut sehingga upaya penyeleman akan dilakukan disekitar lokasi kapal yang tenggelam terlebih dahulu,” ujar Agus.

Seperti yang diketahui, Rabu (23/9) Kapal Mugi Berkah bertabrakan dengan kapal tongkang di perairan Kendal, dalam kejadian ini lima orang korban belum ditemukan atas nama Ratman, Supri, Muhlisin, Sapawi serta Muh sementara tiga orang ditemukan meninggal dan sebelas orang selamat. (Bj)