Home Headline Kluster Perjalanan Jadi Sorotan, Pengelola Terminal Perketat Prokes

Kluster Perjalanan Jadi Sorotan, Pengelola Terminal Perketat Prokes

171

WONOGIRI, 17/10 (Beritajateng.net) – Penumpang bus AKAP dari Jabodetabek di Terminal Tipe A Giri Adipura, Krisak, Selogiri, Wonogiri dilakukan tes swab. Uji swab bagi penumpang itu akan terus berlanjut karena cluster perjalanan menjadi penyumbang terbesar covid di Wonogiri saat ini.

Uji swab bagi penumpang khususnya bus AKAP dari Jabodetabek dilakukan dengan dukungan mobil combat Covid-19 milik Pemprov Jateng di Terminal Induk Giri Adipura.

Kepala Terminal Tipe A Wonogiri Agus Hasto Purwanto mengatakan, kasus covid-19 di Wonogiri didominasi dari klaster perjalanan. Sebelum diuji swab, para penumpang terlebih dahulu dilakukan pendataan. Dengan demikian, ketika nanti hasil uji swab keluar positf covid-19, petugas dengan cepat mengambil tindakan dan memudahkan dalam melakukan tracing.

“Klaster-klaster perjalanan menjadi penyebab utama penambahan daripada tingkat covid-19 di Kabupaten Wonogiri.” Katanya.

Agus menambahkan, pihaknya juga menekankan agar masyarakat selalu menerapkan protokol kesehatan dengan 3M, seperti memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, dan menjaga jarak. Selain itu Warga diminta untuk saling mengingatkan agar mata rantai persebaran covid-19 dapat diputus.

“Kami tetap sampai saat ini menerapkan protocol kesehatan 3M dan senantiasa kerjasama dengan Satgas Covid 19 di kabupaten wonogiri.” Terangnya.

Protokol kesehatan di Terminal Tipa A Giri Adipura tetap menjadi prioritas utama, setiap crew dan armada bus diwajibkan hanya membawa 70% penumpang saja. Di sisi lain mereka semua harus bermasker dan rutin menjaga kebersihan bus, mulai dari sebelum diberangkatkan hingga setelah diberangkatkan. Wonogiri sendiri didominasi 80% armada dari Jakarta, praktis zona merah dan pemberlakuan PSBB di DKI berpengaruh terhadap aktivitas perjalanan dari dan berangkat ke Jakarta.

(Solotrust/NK)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

four × 4 =