Home Lintas Jateng KKN USM Olah Sampah Jadi Kompos

KKN USM Olah Sampah Jadi Kompos

577
1

image

Semarang, 14/7 (BeritaJateng.net) – Mahasiswa KKN PPM Universitas Semarang (USM ) adakan program pengolahan sampah menjadi kompos.

Kegiatan ini dilaksanakan di Kelurahan Tawangmas Kecamatan Semarang Barat, Selasa (14/7).

Modesto Dani selaku salah satu mahasiswa anggota KKN PPM Universitas Semarang mengatakan pengolahan sampah menjadi kompos ini begitu banyak manfaatnya salah satunya dapat memperbaiki sifat fisik dan kimia tanah.

“Kompos dapat mengembalikan kesuburan tanah. Tanah yang keras akan menjadi lebih gembur, yang asam akan menjadi lebih netral. Selain itu tanaman yang diberi kompos dapat tumbuh menjadi lebih subur,” ujarnya.

Menurutnya, mahasiswa Fakultas Teknik ini mengatakan tidak sulit untuk mengolah sampah menjadi sebuah kompos.

“Pada dasarnya semua bahan yang berasal dari makhluk hidup atau bahan organik dapat dikomposkan. Sebut saja daun-daunan, rumput, ranting dan sisa kayu yang mengering semuanya dapat dijadikan sebagai kompos. Sedangkan sampah yang berasal dari kotoran ternak pun juga bisa dibuat demikian, atau yang sering kita namakan dengan pupuk kandang,” tambahnya.

Lebih lanjut Modesto mengatakan untuk membuat kompos ini agar lebih mudah diperlukan ‘aktivator’ atau ‘inokolum’.

“Aktivator ini merupakan mikroba yang bekerja mempercepat pelapukan bahan-bahan organik menjadi kompos. Jenis dari aktivator itu sendiri dapat berupa mikroorganisme (EM4), superbio, probio, dan lain-lain” jelasnya. (Mg-2)

1 COMMENT

Comments are closed.