Home News Update KIPAS Undip Gelar Pesantren Kecil

KIPAS Undip Gelar Pesantren Kecil

Undip

Semarang, 15/10 (BeritaJateng.net) – Memasuki bulan Muharram 1437 Hijriyah atau yang lebih dikenal dengan asyura (suro, kata orang Jawa) Keluarga Islam Pascasarjana (KIPAS) Universitas Diponegoro (Undip) mengadakan acara ‘Pesantren Kecil Sahabat KIPAS’ di Panti Sosial Anak Asuh Al-Idris Desa Plalangan RT 04 RW 03, Kelurahan Plalangan, Kec. Gunungpati Semarang, Kamis (15/10).

Pesertanya sendiri terdiri dari 18 orang anak panti asuhan dengan usia 5 sampai 13 tahun. Acara ini dilaksanakan dalam rangka pembinaan anak-anak panti Sosial Anak Asuh Al-Idris dari KIPAS Undip.

“Tujuan acara ini untuk mendukung program pemerintah dalam rangka mencerdaskan anak anak bangsa, terutama anak-anak yang  kurang mampu secara ekonomi,” tutur Repno sebagai ketua bidang Syiar yang menggawangi terlaksananya program sosial tersebut.

Selain membangun semangat membaca dan belajar melalui Rumah Baca yang telah dibuat KIPAS UNDIP pada bulan Ramadhan, 9 Juli 2015 lalu, KIPAS UNDIP kali ini mencoba memberikan edukasi kesehatan dan kegiatan peningkatan pemahaman agama melalui games-games edukatif kepada 18 anak panti yang tinggal di panti tersebut.

Ada sekitar 15 orang pengurus dan 17 Sahabat KIPAS UNDIP dari berbagai Jurusan program Pascasarjana turut hadir dalam acara Pesantren Kecil Sahabat KIPAS.

Mereka memberikan games edukasi kesehatan tentang Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) untuk anak-anak panti yang diapandu langsung oleh Pak Faizal Rangkuti, dosen Fakultas Kesehatan UAD dan pemerhati anak.

Games berlangsung seru dan menyenangkan, karena acara juga dimeriahkan dengan games lacak ayat, hafalan juz ’amma, mewarnai dan uji kecerdasan dalam Rangking satu.

Pesantren Kecil Sahabat KIPAS memiliki misi menebar jala ilmu untuk generasi Indonesia yang lebih maju dan bermutu.

Ketua Umum KIPAS yang juga merupakan mahasiswa Magister Teknik Mesin, Mujib Wahyudi, ST berharap dengan adanya taman baca dan kegiatan pembinaan yang dilakukan teman-teman KIPAS mampu mendorong adik-adik panti semakin meningkatkan prestasinya.

“Lebih bersemangat lagi untuk menimba ilmu setinggi-tingginya guna melahirkan generasi bangsa yang lebih baik,” pungkasnya. (BJT01)