Home Ekbis Kios Timur Pasar Klewer Kembali Dibuka

Kios Timur Pasar Klewer Kembali Dibuka

Pedagang nampak membersihkan kios.
Pedagang nampak membersihkan kios.
Pedagang nampak membersihkan kios.

Solo, 19/1 (BeritaJateng.net) – Setelah di tutup sementara sejak kebakaran Pasar Klewer sisi barat beberapa waktu lalu, Pasar Klewer sisi timur yang tidak terbakar akan dibuka kembali pada Selasa (20/1/2015). Sejumlah pedagang mulai membenahi kios masing-masing.

Berdasarkan pantauan di lapangan kondisi kios masih nampak utuh. Pemilik kios mulai membenahi kios yang sempat di tinggalkan beberapa waktu lalu.

Kondisi bangunan juga sudah dirapikan. Dinas Pengelola Pasar (DPP) sudah mulai memasang kembali instalasi listrik yang sempat terputus. Fasilitas pendukung keamanan, berupa Alat Pemadam Api Ringan (APAR), juga telah disiapkan kembali.

Hindun salah satu pemilik kios menceritakan bahwa hasil rapat pedagang dengan pemkot Solo di gedung Puspa Nugroho sudah memutuskan tanggal 20 Januari sudah bisa berjualan lagi.

“Hasil rapat tanggal 20 besok sudah boleh masuk kios lagi. Makanya ini lagi bersih-bersih kios,” jelasnya di Solo Jawa Tengah, Senin (19/1/2015).

Hindun mengaku senang bisa berjualan di kios kembali. Pasalnya berjualan di jalan berat sekali. Setiap hari harus berangkat pagi dan harus berebut dengan pedangang lain untuk memarkir mobil.

Hindun mengaku sejak hari Sabtu kemarin sudah mulai membersihkan kiosnya. Agar nanti bisa segara memasukkan barang dagangannya kembali sesegera mungkin.

“Biar cepet selesai, karena bakul (pembeli) langgananya sudah banyak yang mengantri untuk membeli barang dagangan,” jelasnya.

Selanjutnya ungkap Hindun berdasar kesepakatan, pasar akan boleh buka mulai jam 06.00 dan tutup pukul 18.00. Setelah itu tidak boleh ada kegiatan lagi.

Terpisah, Kepala DPP, Subagyo, yang ditemui setelah bertemu dengan pedagang Pasar Klewer di Balaikota, menyebutkan pasar sisi timur sudah siap digunakan kembali Selasa (20/1/2015).

“Seluruh jaringan listrik sudah diperbaiki dan dinyatakan aman oleh PLN,” jelasnya.

Bahkan untuk berjaga di sekitar lokasi pasar Klewer pihaknya meminta bantuan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas), Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo), Satuan Pengaman (Satpam) pasar. (BJ24)