Home Lintas Jateng Kinerja SKPD Pati Dievaluasi Tiap Tiga Bulan

Kinerja SKPD Pati Dievaluasi Tiap Tiga Bulan

Ilustrasi

Pati, 5/1 (Beritajateng.net) – Kinerja semua Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di Kabupaten Pati, Jawa Tengah, bakal dievaluasi setiap triwulan agar kegiatan proyek yang direncanakan bisa selesai tepat waktu, kata Bupati Pati Haryanto.

“Jika ada SKPD yang dinilai kinerjanya kurang maksimal tentunya akan menjadi bahan evaluasi agar pada akhir tahun anggaran bisa menuntaskan semua proyek kegiatannya,” ujarnya di Pati, Senin.

Dengan adanya evaluasi kinerja SKPD setiap triwulan, dia berharap tidak ada lagi SKPD yang menumpuk kegiatan pada akhir tahun anggaran.

Hal itu, kata dia, dikhawatirkan berdampak pada kualitas proyek yang dihasilkan karena dalam pengerjaannya terkesan memburu waktu.

Selain pertimbangan kualitas, lanjut dia, pengerjaan yang dimulai awal tahun anggaran juga bertujuan agar penyerapan anggaran yang direncanakan sejak awal bisa terserap maksimal.

“Terutama SKPD yang memiliki anggaran dan program yang banyak seperti Dinas Pekerjaan Umum, Dinas Pendidikan, dan beberapa SKPD lain yang memiliki anggaran yang cukup besar,” ujarnya.

Evaluasi yang digelar setiap triwulan, kata dia, juga bertujuan untuk mengetahui pelaksana proyek memang berkompeten di bidang tersebut sehingga tidak asal tunjuk.

Ia menargetkan pada Januari 2015 program kegiatan di masing-masing SKPD bisa mulai dikerjakan.

Oleh karena itu, dia mengingatkan setiap SKPD harus membuat jadwal kegiatan yang akan dilaksanakan dari mulai perencanaan hingga pelaksanaannya.

Pada kesempatan tersebut, dia juga mengingatkan masing-masing SKPD agar bekerja lebih cermat dan teliti agar tidak memunculkan permasalahan yang bisa berujung hingga proses hukum.

“Kami minta seluruh pimpinan SKPD dan pejabat untuk menguasai tugas dan fungsinya serta dapat bekerja dengan baik sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku,” ujarnya.

Demikian halnya, kata dia, dalam penyusunan laporan keuangan agar lebih berhati-hati dan mengikuti aturan yang ada.(Ant/Bj02)