Home Headline Kilang “Pertalite” Pertamina Cilacap Terbakar

Kilang “Pertalite” Pertamina Cilacap Terbakar

CILACAP, 13/11 (Beritajateng.net) -Peristiwa kebakaran terjadi di area Pertamina Refinery Unit (RU) IV Cilacap Jawa Tengah pada Sabtu (13/11/2021) malam sekitar pukul 19.20 WIB. Belum diketahui secara pasti penyebab kebakaran di dalam area kilang tersebut.

Dari informasi yang dihimpun serayunews.com, (Anggota AMSI Jateng) peristiwa kebakaran diduga terjadi di unit area kilang 36 T201 yang berisi pertalite. Peristiwa itu terjadi saat wilayah kota Cilacap dan sekitarnya diguyur hujan lebat disertai petir.

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Cilacap Luhur Satrio Muchsin membenarkan adanya peristiwa tersebut. Pihaknya pun telah mempersiapkan 4 unit truk pemadam kebakaran untuk diterjunkan jika sudah ada permintaan dari Damkar internal Pertamina.

“Kami masih koordinasi dengan Pertamina RU IV, saat ini sifatnya berjaga di luar ring. Nanti kalau sudah ada permintaan kita langsung masuk,” katanya.

Sementara itu Corporate Secretary PT Kilang Pertamina InternasionalI Ifki Sukarya dalam keterangan resminya mengatakan, Pertamina saat ini tengah berupaya maksimal untuk melakukan pemadaman kebakaran tangki di area Kilang Cilacap, Jawa Tengah. Saat ini Pertamina belum mengetahui secara pasti penyebab kebakaran.

“Upaya pemadaman dilakukan secara intensive dengan menggunakan High Capacity Foam Monitor pada tangki yang terbakar, sedangkan untuk tangki di sekitar dilakukan pendinginan dengan water sprinkle untuk mencegah merambatnya kebakaran,” ungkapnya.

Pertamina saat ini juga tengah melakukan pengecekan masyarakat di sekitar area kejadian untuk memastikan masyarakat dalam kondisi aman.  Untuk masyarakat yang berlokasi di area terdekat dengan lokasi, akan dilakukan evakuasi untuk memindahkan masyarakat ke area yang lebih aman.

“Saat ini, Pertamina juga memastikan pasokan BBM dan Elpiji ke masyarakat dalam kondisi aman dan tidak mengalami gangguan,” pungkasnya.

(NK)