Home Headline Khoirul Awaludin Resmi Dilantik Jadi Direktur Semarang Zoo

Khoirul Awaludin Resmi Dilantik Jadi Direktur Semarang Zoo

231
Khoirul Awaludin Resmi Jabat Direktur Semarang Zoo

Semarang, 16/9 (BeritaJateng.net) – Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi melantik Khoirul Awaludin sebagai Direktur Semarang Zoo di kantor Wali Kota Semarang, Rabu (16/9/2020). Awaludin menggantikan posisi Indriyasari yang sebelumnya menjabat Plt Direktur Semarang Zoo.

Eks Ketua KNPI Kota Semarang itu menerangkan, selama ini, masyarakat yang berkunjung ke Semarang Zoo hanya sebatas menonton fauna yang ada di sana saja.

Di bawah kepemimpinan manajemen yang baru, ada usaha menargetkan lokasi tujuan wisata tersebut, untuk tidak hanya sebatas sajian pariwisata belaka.

“Rencananya, taman marga satwa itu akan menampilkan sisi yang lebih edukatif dan berkreatifitas. Memungkinkan untuk menjadi daya tarik yang memiliki nilai jual khas dari Semarang Zoo. Salah satunya dengan mencoba menonjolkan keberadaan satwa yang ada di sana,” ujarnya.

Awaludin menerangkan, salah satu usahanya pihaknya akan menampilkan atraksi satwa yang bisa menjadi daya tarik luar biasa bagi wisatawan. Selain itu, akan menonjolkan interaksi antara satwa dengan pengunjung.

“Tentunya ini akan membutuhkan keamanan bagi pengunjung, sehingga membutuhkan SDM yang profesional. Standar kualitas untuk menjadi sama dengan Bali Zoo atau Jatim Park, namun dengan ciri khas tersendiri,” imbuhnya.

Ia ingin mengembangkan lagi konsep Semarang Zoo, baik dari sisi fasilitas maupun ketersediaan keberagaman faunanya.

Pihaknya akan menjalin kerjasama dengan sejumlah tenant atau perusahaan, yang sekiranya dapat mengembangkan taman marga satwa ini lebih baik lagi.

“Jujur setelah pandemi Covid-19, Semarang Zoo sempat terhenti operasionalnya. Perlu adanya renovasi kandang yang membutuhkan anggaran besar. Penyebabnya, anggaran yang dimiliki Semarang Zoo tidak akan mencukupi kalau harus melakukan renovasi infrastruktur dan fasilitas-fasilitas pendukungnya,” tandasnya. (El)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

6 + twenty =