Home Nasional Ketua MPR RI Hadiri Silaturahim Akbar Undip

Ketua MPR RI Hadiri Silaturahim Akbar Undip

630
Suasana silaturahim Akbat yang dihadiri Ketua MPRI RI
Suasana silaturahim Akbat yang dihadiri Ketua MPRI RI
Suasana silaturahim Akbat yang dihadiri Ketua MPRI RI

Semarang, 30/8 (BeritaJateng.net) -Ketua MPR RI, Dr. Zulkifli Hasan., SE., MM hadir sebagai pemateri utama dalam Silaturahim Akbar Undip Semarang di Masjid Kampus Undip, Minggu.

Hadir juga segenap civitas akademika. Baik mahasiswa baru maupun lama, para dosen, karyawan dan pengurus Masjid tidak ketinggakan Rektor Undip, Profesor Yos Johan.

Ketua Panitia, Mohammad Zamakhsari Alhamid yang juga merupakan Mahasiswa Fakultas Sains dan Matematika, Jurusan Fisika angkatan 2012 mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan rangkaian agenda bulan Ramadhan.

Acara ini termasuk yang terakhir dari jadwal agenda. Isinya membahas tentang pentingnya ukhuwah Islamiyah dalam membangun peradaban bangsa. Sekaligus moment halal bi halal bagi seluruh civitas akademika, dosen, karyawan yang di dalamnya ada pertemuan untuk saling memaafkan.

Dari mahasiwa Undip turut memeriahkan acara ini dengan menampilkan grup Rebana ‘Ready’ dan grup nasyid dari ‘Felovoice’.

“Kita memfasilitasi itu, terlebih perjalanan selama setengah tahun bekerja bagi para dosen, tentu banyak ketidaksepahaman, maka sambil disisipi materi membangun peradaban dari Bapak Zulkifli akan semakin menggugah,” terang Hamid saat ditemui di Masjid Kampus Undip, Tembalang, Minggu (30/8) pagi.

Tujuan dari kegiatan ini bagi mahasiswa baru, lanjut Hamid sebagai pengenalan kepada Masjid Kampus Undip. Sedangkan bagi mahasiswa lama, sebagai sarana untuk saling memaafkan.

“Saling membangun semangat baru untuk menyongsong tahun ajaran baru. Sebagai interaksi awal, saling memaafkan terlebih dahulu guna keberlanjutan semester depan,” imbuhnya.

Rektor Undip, Profesor Yos Johan juga menjelaskan bahwa silaturahim sebagaimana telah dicantumkan dalam Riwayat Muslim dapat dilakukan dengan berbagai cara. Diantaranya dengan memperbanyak senyum.

“Bahkan dari silaturahim tersebut dapat pula mendekatkan jodoh dan malaikat pemberi rizki. Selama silaturahim tersebut dilakukan sesuai syar’i. Oleh sebab itu silaturahim sangatlah penting,” jelasnya.

Sedangkan Ketua MPR RI, Dr. Zulkifli Hasan, SE, MM dalam acara tersebut membahas mengenai sistem Ketatanegaraan di Indonesia.

“Bangsa Indonesia terdiri dari berbagai suku dan agama. Demokrasi di Indonesia mudah dikuasai oleh pemilik modal. Kunci dari semua itu berhenti bicara bahwa Indonesia kaya. Akan tetapi bangunlah manusianya,” ujarnya.

Kaitannya dengan silaturahim, kekuatan Islam ada pada mayoritas di Republik Indonesia. Islam nusantara yang berkemajuan. Islam Rahmatan lil alamin, yang toleran dan mampu mendampingi demokrasi.

“Tugas kita adalah membangun aktivis masjid yang sanggup menjadi tokoh-tokoh luar biasa. Jangan mudah marah dan terus bersatu,” imbuh Ketua MPR RI, Zulkifli Hasan. (BJT01)

Advertisements