Home Ekbis Ketua DPRD Jateng Ingin Koperasi Jadi Penopang Ekonomi Rakyat

Ketua DPRD Jateng Ingin Koperasi Jadi Penopang Ekonomi Rakyat

413

UNGARAN, 29/6 (Beritajateng.net) – Ketua DPRD Provinsi Jawa Tengah Bambang Kusriyanto menginginkan Koperasi bisa tumbuh menjadi penopang ekonomi masyarakat. Keinginan ini disampaikan ditengah pertumbuhan koperasi yang sebagian besar mati segan hidup pun tak mau.

Hal tersebut disampaikan politisi yang akrab disapa Bambang Krebo ini dalam silaturahmi dengan jajaran pengurus Dewan Koperasi Indonesia Daerah (Dekopinda) Kabupaten Semarang, Sabtu (28/6) di Ungaran Kab. Semarang.

“Saya ingin koperasi ini betul betul menjadi penopang ekonomi masyarakat. Sayangnya sekarang sebagian besar kondisinya hidup segan mati tak mau,” ungkapnya.

Lebih lanjut Krebo menjelaskan, selain banyak yang mati suri, koperasi yang saat ini berkembang dan tumbuh menjadi besar adalah koperasi simpan pinjam yang dalam prakteknya justru mirip dengan rentenir yang menjerat masyarakat dengan pinjaman berbunga tinggi.

“Koperasi seperti ini bisa tumbuh besar tapi justru jadi rentenir yang menjerat dengan bunga tinggi,” jelasnya.

Untuk mengatasi hal tersebut Politisi PDI Perjuangan ini menginginkan agar jajaran Dekopinda Kab Semarang untuk membuat pilot project dengan melibatkan beberapa koperasi yang akan difasilitasi oleh Pemprov Jateng agar bisa menjadi wadah bergulirnya ekonomi kerakyatan bagi masyarakat khususnya dan anggota koperasi pada khususnya.

“Saya ingin ada yang dibuat pilot project agar bisa menjadi besar dan menjadi benar benar motor penggerak ekonomi kerakyatan,” katanya.

Contoh lain yang bisa dilakukan untuk mengembangkan koperasi dengan sistem pilot project, jelas Krebo, yakni dengan cara menjadikan Anggota DPRD menjadi bapak asuh. Cara ini diyakini juga bisa merangsang pertumbuhan koperasi menjadi lebih besar.

“Misalnya dengan menjadikan anggota dewan sebagai bapak asuh. Satu anggota mengampu satu koperasi. Pasti akan berhasil,” ucapnya.

Koperasi bisa menjadi wadah bagi masyarakat untuk memasarkan produknya baik itu hasil pertanian, kerajinan maupun hasil produksi usaha mikro kecil menengah (UMKM). Disamping itu bisa juga menjadi penopang modal kerja dengan memberi pinjaman bunga rendah bagi anggotanya. Bukan malah dijadikan dalih penyaluran kredit bunga tinggi seperti yang sekarang banyak berkembang.

“Di masa pandemi Covid-19 saat ini banyak dibutuhkan sembako untuk membantu masyarakat terdampak. Kan bisa disuplai dari koperasi. E warung yang ada bisa saja bahan bahannya disuplai oleh koperasi,” bebernya.

Sebagai Ketua DPRD Provinsi, Krebo mempersilakan kalau para pengurus koperasi mau menyampaikan program atau sharing tentang kegiatan kegiatan yang bisa disinergikan dengan Pemprov Jateng.

“Silakan manfaatkan saya kalau itu untuk kepentingan masyarakat,” pungkasnya.

(NK)