Home News Update Ketimbang Bikin Konflik, Ganjar Lebih Baik Fokus Perbaiki Kinerja Eksekutif

Ketimbang Bikin Konflik, Ganjar Lebih Baik Fokus Perbaiki Kinerja Eksekutif

gema gedung berlian

SEMARANG, 16/6 (BeritaJateng.net) – Kritik pedas yang disampaikan fraksi fraksi DPRD Jateng terhadap kinerja Gubernur Ganjar Pranowo harus disikapi dengan bijak gubernur. Ganjar diminta lebih fokus perbaiki kinerja jajarannya dibanding melempar statmen yang bisa membuat Disharmoni eksekutif dan legislatif.

“Kinerja SKPD di lingkungan Pemprov belum optimal. Terbukti SILPA 2014 mencapai Rp. 1,68 triliun. Itu yang harus disikapi gubernur, bukan malah buat masalah dengan dewan,” ungkap Fery Firmawan, Anggota Fraksi Partai Demokrat DPRD Jateng kepada berita jateng, Selasa (16/6).

Fery menjelaskan, dalam dialog di salah satu stasiun TV swasta, gubernur mengungkapkan tentang permainan anggaran yang dilakukan angota dewan dan mengatakan bahwa dirinya sudah katam dengan praktek semacam itu.

Pernyataan tersebut, menurut Fery, tidak seharusnya disampaikan seorang gubernur. Apapun pernyataannya seharusnya mengandung pendidiikan politik bagi masyarakat.

“Ungkapan dewan biasa gebuk gebukan dengan eksekutif bisa jadi stigma stereotype dewan yang tidak benar. Dewan melakukan kritik itu sesuai fungsinya, jadi bukan mau gontok gontokan,” katanya.

Pada kesempatan lainnyan, Sekretaris Fraksi Partai Demokrat Sriyanto Saputro mengatakan, tingginya SILPA merupakan bukti buruknya kinerja gubernur dan jajarannya. Oleh karena itu gubernur harus segera memperbaiki kinerja jajarannya.

“Kami melakukan tugas pengawasan, itu tupoksi kami. Jangan malah dibalik gubernur yang melakukan pengawasan kepada dewan,” jelasnya.

Senada dengan Fery, Sriyanto mengharapkan agar pola komunikasi gubernur dengan dewan segera diperbaiki agar tercipta keharmonisan pemerintah daerah dalam mewujudkan pemerintahan yang baik menuju Jawa Tengah yang semakin sejahtera. (BJ13)