Home Hiburan Ketika Ibu Melupakanku: Ajakan Peduli Alzheimer Lewat Buku

Ketika Ibu Melupakanku: Ajakan Peduli Alzheimer Lewat Buku

204094933_largeYogyakarta, 22/1 (Beritajateng.net) – Penerbit Gramedia Pustaka Utama dan Alzheimer’s Indonesia mengadakan diskusi buku Ketika Ibu Melupakanku di Yogyakarta, bersama dengan kedua penulis buku: DY Suharya dan Dian Purnomo, pada hari ini, Sabtu (24/12), bertempat di Toko Buku Gramedia Ambarukmo Plaza.

Ketika Ibu Melupakanku adalah buku yang ditulis bersama oleh Dian Purnomo dan DY Suharya berdasarkan pengalaman DY (dibaca: Diway) yang ibunya divonis terkena Alzheimer tahun 2009.

Diceritakan bagaimana DY merasa ibunya memiliki sifat-sifat aneh—sering meributkan hal yg sepele, mencari pembenaran untuk pernyataannya kepada orang lain, sering merasa minder, hingga lupa dengan hal-hal sepele—menyebabkan ia merasa keluarganya disfungsional. DY lalu memilih untuk “melarikan diri” dengan kuliah dan bekerja di luar negeri. Ia belum menyadari bahwa keanehan-keanehan ini merupakan gejala awal dari penyakit Alzheimer yang diderita ibunya.

“Ketika tahu ibu dideteksi Alzheimer, saya sangat terpukul, tapi saya juga jadi mulai peduli dengan ibu. Yang saya rasakan setelahnya adalah bahwa Alzheimer membuat hubungan keluarga kami menjadi lebih baik, karena kami kompak merawat ibu. Lewat buku ini, selain mengajak masyarakat peduli Alzheimer, saya dan Dian juga ingin menyemangati mereka yang saat ini sedang mendampingi penyandang Alzheimer, supaya jangan patah semangat,” ungkap DY yang ditemui saat diskusi buku.

Alzheimer paling sering ditemukan pada orang tua berusia sekitar 65 tahun ke atas. Penyakit ini mematikan sel saraf di dalam otak sehingga penyandangnya mengalami kepikunan dan seringkali tidak ingat lagi pada orang-orang di sekitar, termasuk suami dan anak-anaknya. Hal inilah yang membuat keluarga terpukul. Buku ini hadir untuk menyiapkan mental jika salah satu anggota keluarga menghadapi Alzheimer, selain itu informasi-informasi teknis lain yang disertakan di dalam buku ini, seperti deskripsi gejala awal dan juga tempat rujukan untuk perawatan, akan sangat bermanfaat bagi para pembaca pada umumnya.

“Gramedia mendukung usaha DY dan Dian dalam mengampanyekan kesadaran mengenai Alzheimer. Dengan diadakannya diskusi buku di beberapa kota besar di Indonesia, termasuk Yogyakarta, diharapkan informasi seputar Alzheimer yang terdapat dalam buku ini dapat menjangkau lebih banyak lagi masyarakat Indonesia,” tutur Siti Gretiani, General Manager Gramedia Pustaka Utama.

Buku Ketika Ibu Melupakanku sudah tersedia di toko buku & toko buku online sejak November 2014 yang lalu. Buku ini mendapat banyak dukungan, salah satunya dari Menteri Kesehatan RI periode Kabinet Indonesia Bersatu II: dr. Nafsiah Mboi, Sp. A, MPH, yang menyampaikan pesan di awal buku yang menyatakan bahwa buku ini bermanfaat bagi para pembaca dalam menjaga kesehatan diri sendiri, orangtua, dan para lanjut usia.(bj02)