Home Headline Ketangkap Basah Nyuri Motor, Mahasiswa Ditangkap

Ketangkap Basah Nyuri Motor, Mahasiswa Ditangkap

563

Maling Motor

Semarang, 22/9 (BeritaJateng.net) – Miftahul Muhbin alias Kibin warga Guntur, Kabupaten Demak terpaksa harus berurusan dengan Polisi. Pria berusia 23 tahun tersebut tertangkap basah mencuri sepeda motor milik Bayuaji (21) warga Jambu Raya, Banyumanik, di halaman parkir Universitas Diponegoro (Undip) Tembalang, (8/9).

Kibin diketahui masih tercatat sebagai mahasiswa semester IV di salah satu Perguruan Tinggi swasta di Kota Semarang. Dalam melancarkan aksinya Kibin tidak sendiri, ia melakukan bersama dengan temannya bernama Kiswo (36) yang saat ini masih berstatus buron.

Pada hari kejadian, Kibin bersama Kiswo berboncengan dengan menggunakan sepeda motor menuju Undip Tembalang. Sesampainya di parkiran Undip, tepatnya di Fakultas Teknik, Kibin memasuki area parkir. Sedangkan Kiswo menunggu di luar sambil mengawasi keadaan.

Dalam melancarkan aksinya, Kibin menggunakan kunci leter T untuk merusak kontak motor. Setelah berhasil, pelaku kemudian mengganti kunci leter T dengan kunci biasa untuk mengelabuhi petugas keamanan.

Namun aksi Kibin berakhir, saat dirinya tidak dapat menunjukkan STNK ketika diminta oleh petugas. Kibin semakin tidak dapat mengelak, terlebih saat diperiksa, petugas menemukan kunci leter T pada dirinya. Untuk proses hukum lebih lanjut, Kibin kemudian diamankan di Mapolsek Tembalang.

Kepada polisi tersangka mengaku sudah melakukan aksi pencurian sebanyak 7 tempat yang berbeda di Kota Semarang.

“Motor itu rencananya hendak dijual temen saya ke Blora, saya biasa mendapat untung Rp. 200 ribu hingga Rp. 300 ribu tiap motor. Uangnya paling buat jajan,” ujarnya.

Sementara itu, Kapolsek Tembalang, Kompol Ibnu menjelaskan diantara 7 TKP yang pernah menjadi sasaran dari aksi tersangka, 5 diantaranya dilakukan di Tembalang, 1 di kos-kosan kawasan Sampangan, serta 1 lagi di sekolah yang berada di daerah Banyumanik.

“Kita masih akan terus kembangkan kasus ini, terlebih kepada seseorang yang sudah kita nyatakan DPO. Apabila terbukti ada pihak lain yang memang terlibat, maka kita akan tindak lanjuti dengan melakukan penyelidikan,” terang Ibnu, saat gelar perkara di Mapolsek Tembalang, Selasa (22/9) siang.

Dari tangan pelaku, disita barang bukti berupa satu unit sepeda motor jenis Yamaha Vega ZR warna merah dan sebuah kunci leter T.

“Setelah kita lakukan pemeriksaan dan penyelidikan terhadap pelaku, pelaku terbukti melakukan tindak pidana sebagaimana pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan pemberatan dan terancam hukuman maksimal 7 tahun penjara,” pungkas Ibnu. (bjt02)