Kesejahteraan Atlet Dinilai Mampu Tingkatkan Prestasi Olahraga di Jateng

Semarang, 20/9 (BeritaJateng.net) – Tingkat kesejahteraan atlet dinilai bisa menunjang semakin banyaknya prestasi olahraga di Jawa Tengah. Hal tersebut disampaikan oleh anggota Komisi E Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jateng, Karsono.

“Tentu menjadi kebanggaan tersendiri Jateng bisa masuk 7 besar, semoga seluruh atlet kontingen Jateng bisa semakin banyak menyabet medali emas,” kata Karsono di Semarang, Selasa (20/9/2016).

Karsono menyebut bahwa kedepan, agar perkembangan atlet di Jateng terus meningkat, ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh Dinpora (Dinas Pemuda dan Olahraga) Jateng. Salah satunya dengan memfasilitasi klub-klub olahraga tingkat provinsi untuk memasok atlet-atlet nasional.

Selain sebagai sarana pengelolaan atlet agar semakin termotivasi, juga untuk menjaga atlet tetap loyal pada Jateng, tidak hijrah ke provinsi lain seperti yang teradi di tahun-tahun sebelumnya, beberapa atlet Jawa Tengah hiijrah ke provinsi lain.

“Akhirnya, penjagaan atlet tidak hanya mengandalkan CSR perusahaan swasta namun maksimal oleh pemerintah melalui klub-klub tersebut,” ujar legislator Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini.

Sejauh ini, menurut Karsono, program Dinpora yang terlihat yaitu kompetisi olahraga tingkat provinsi itupun sifatnya tidak long lasting, tidak mengembangkan atlet secara rutin. Dengan pembinaan melalui klub-klub resmi oleh pemerintah ini akan melahirkan atlet-atlet baru yang bisa diunggulkan.

Menurut Karsono, seperti profesi lain yang kesejahteraannya dijamin oleh pemerintah, atlet pun memiliki hak untuk dijamin kesejahteraannya. Atlet yang telah membanggakan daeahnya berhak mendapatkan jaminan kesejahteraan atlet di masa tua.

Sebagai perwakilan daerah dengan keahlian atletik, mereka layak diberikan santunan di hari tuanya. Hal ini perlu didukung oleh komitmen pemerintah untuk mengelola pemerintahan yang bersih dan tidak korupsi dalam pengelolaan olahraga dan atlet di Jateng.

“Sehingga pendanaan yang KONI Jateng (Komite Olahraga Nasional Jawa Tengah) bisa diefektifkan dalam hal pemberdayaan atlet,” pungkasnya.

Sebagai informasi, dalam perhelatan PON (Pekan Olahraga Nasional) ke XIX diadakan di Jawa Barat, Jateng menunjukkan prestasi dengan menduduki peringkat ke-7 hingga tanggal 20 September 2016 dengan perolehan total 31 medali dengan rincian 6 emas, 6 perak dan 19 perunggu. (BJ)

Tulis Komentar Pertama