Home Hiburan Keseimbangan Aktor, Yoga dan Meditasi di Semac #6

Keseimbangan Aktor, Yoga dan Meditasi di Semac #6

image

Semarang, 25/6 (BeritaJateng.net) – Program bulanan Teater Tikar, Semarang Actor Class (Semac) akan kembali pada Sabtu (27/6) mendatang. Materi Semac #6 ini bakal fokus pada keseimbangan aktor dengan menggeluti yoga dan meditasi.

Teater Tikar kali ini menggandeng Win ‘Laut’ sebagai pemateri. Latar belakangnya sebagai praktisi meditasi dan yoga membuat pria asli Semarang ini menitik beratkan keseimbangan aktor pada dua hal tersebut.

“Modal utama seorang aktor adalah pengendalian emosional. Tanpa keseimbangan lahiriah dan batiniah, mustahil seorang aktor mampu mengaplikasikan representasinya terhadap naskah di atas panggung,” kata Win ‘Laut’ saat di temui di kompleks Taman Budaya Raden Saleh, Kamis (25/6).

Materi ini, lanjut dia, sangat cocok bagi para aktor pemula. “Karena mereka (para aktor pemula, red) kebanyakan batiniahnya labil. Mau atau tidak, mereka harus intens berlatih, minimal meditasi,” tuturnya.

Dia juga menekankan, bahwa persoalan meditasi dan yoga pada gelaran Semarang Actor Class ini merupakan pemantik awal.

“Jadi tidak serta merta langsung menguasai keseluruhan. Dalam Semac #6 ini lebih bersifat sebagai pemicu awal. Selanjutnya aktor harus memiliki strategi pengembangan sendiri,” ujarnya.

Meski demikian, Win tidak menutup kemungkinan bagi aktor yang telah lama bergelut di panggung. “Karena fluktuasi jiwa tidak ada yang mengetahui. Jadi meditasi, terlebih yoga sebenarnya tidak berbatas usia,” tegas dia.

Materi keseimbangan aktor yang lebih fokus pada meditasi dan yoga ini, tentu juga sangat tepat kaitannya dengan kehidupan sehari-hari, terlebih pada bulan Ramadhan. Demikian Bayu Septiananda menuturkan selaku Koordinator acara.

Dia juga mengatakan siapapun berhak mengikuti pelatihan bulanan dengan materi berbeda ini. “Bukan hanya teman-teman teater. Sebagaimana Semac sebelumnya, yang tetap terbuka bagi masyarakat umum,” kata dia.

Bukan hanya itu, dia juga menegaskan, acara ini sekaligus sebagai bukti eksistensi teater Semarang. “Teater Semarang juga tidak kalah pergerakannya dibanding kota lain,” tutur dia.

Untuk mengikuti pelatihan ini hanya diperlukan registrasi sebesar Rp20 ribu per orang. Latihan dimulai pukul 13.00 WIB di Taman Budaya Raden Saleh. Anda berminat? Silahkan menghubungi panitia di nomor 081215533315 (Teater Tikar). (BJ05)