Home Headline Kesadaran Terapkan 3M Menurun, Kasatpol: Semarang Sulit Capai Zona Hijau

Kesadaran Terapkan 3M Menurun, Kasatpol: Semarang Sulit Capai Zona Hijau

144

SEMARANG, 22/11 (BeritaJateng.net) – Target zona hijau Covid-19 yang dicanangkan Pemkot Semarang, Jawa Tengah (Jateng) pada Desember 2020 sepertinya sulit tercapai. Hal itu diungkapkan Kepala Satpol PP Kota Semarang, Fajar Purwoto, Minggu.

“Target kita sebenarnya Desember sudah zona hijau. Tapi, sepertinya itu sulit tercapai. Apalagi, akhir-akhir ini kesadaran masyarakat dalam menerapkan 3M turun,” ujar Fajar.

Fajar menambahkan target zona hijau pada Desember dicanangkan menyusul status zona Kota Semarang yang sebelumnya merah menjadi oranye pada awal September 2020 lalu.

Namun, status itu tak kunjung berubah hingga pertengahan November ini. Dikutip dari laman covid19.go.id/peta-risiko per 8 November 2020, status Kota Semarang tak kunjung turun dan masih berada di zona oranye atau risiko sedang persebaran Covid-19.

Fajar mengatakan tak kunjung turunnya status zona Covid-19 di Semarang ini pun membuatnya akan menggencarkan operasi penegakan protokol kesehatan.

“Salah satu upaya yang kita lakukan adalah mengalihkan sasaran. Dulu yang biasanya operasi kita gelar di jalanan dan permukiman warga, nanti akan kita alihkan ke lingkungan perkantoran, perusahaan, dan tempat kerja,” ujarnya.

Fajar mengaku operasi penegakan protokol kesehatan nantinya tak hanya menyasar lingkungan kantor atau instansi swasta. Operasi juga akan menyasar instansi pemerintah.

Ia mengimbau masyarakat kota Semarang agar mematuhi protokol kesehatan dan wajib 3M yakni dengan memakai masker, sering mencuci tangan dan menjaga jarak serta menghindari kerumunan. (El)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

twelve − eleven =