Home Life Style Kerennya Mural Pahlawan Indonesia Di Kampung Wisata Pancuran 

Kerennya Mural Pahlawan Indonesia Di Kampung Wisata Pancuran 

744
0
       SALATIGA, 2/10 (BeritaJateng.net) – Lingkungan kecil di RW 04 Pancuran, Kelurahan Kutowinangun Lor, Kecamatan Tingkir, Salatiga, disulap menjadi kampung wisata. Di dalam kampung yang kini diberi julukan Kampung Wisata Pancuran terdapat mural-mural sepanjang 200 meter menampilkan topik yang berbeda-beda seperti sejarah dan perjuangan bangsa Indonesia.
       Mural-mural tersebut juga menggambarkan pahlawan dari Salatiga. Pembangunan Kampung Wisata Pancuran ini merupakan kolaborasi antara perusahaan cat AkzoNobel,  yang juga merupakan produsen Dulux, bersama penduduk setempat.
       Wali Kota Salatiga Yuliyanto mengatakan kehadiran Kampung Wisata Pancuran ini mengapresiasi inisiatif warga RW 04 Pancuran untuk mengubah lingkungan Pancuran menjadi lebih hidup dan berwarna. “Kami optimistis hal ini akan dapat membantu meningkatkan kualitas lingkungan kota dan meningkatkan daya tarik kota kami bagi para wisatawan, sebagai bagian dari visi kami untuk mengembangkan KOTAKU (kota tanpa permukiman kumuh). Pada kesempatan ini, saya juga ingin mengapresiasi AkzoNobel atas kontribusinya dalam membuat inisiatif ini menjadi kenyataan,” papar dia saat peresmian tempat tersebut, Kamis (1/11/2018).
         Head of Brand & Consumer Marketing, PT ICI Paints Indonesia (AkzoNobel Decorative Paints Indonesia)
Anastasia Tirtabudi mengatakan pihaknya sangat senang dapat bekerja sama dengan masyarakat dalam mempercantik lingkungan setempat. “Karena kami percaya pada kekuatan transformatif warna untuk memperkaya masyarakat dan membuat ruang tempat tinggal lebih berwarna, nyaman dan menyenangkan,” jelasnya.
        Karena itu, lanjut dia, pihaknya berkomitmen untuk terus memberikan warna dalam kehidupan masyarakat, seperti yang tercermin pada program kami, Let’s Colour Indonesia. “Kami berharap masyarakat dapat terinspirasi dan merasakan dampak positif dari warna,” paparnya.
       Proyek pembangunan Kampung Wisata Pancuran
ini membutuhkan waktu sekitar delapan bulan, melibatkan lebih dari 100 orang warga setempat. Mural ini dibuat di ruang publik dan dinding-dinding di sepanjang tepi sungai di kampung tersebut.
        Adapun total luas area seluruh kampung  sekitar 10.000 meter persegi telah dicat dengan lebih dari 3.000 liter cat Dulux Weathershield.
        Dulux Weathershield merupakan cat dinding eksterior premium dengan kinerja maksimal dengan formula yang telah diperbarui yaitu Advance Algae and Fungus Guard dan dilengkapi dengan Smart Release Technology, yang meningkatkan daya tahan terhadap kerusakan yang disebabkan oleh lumut dan jamur  hingga dua kali lebih lama daripada cat biasa. (El)