Home Lintas Jateng Keracunan Makanan, Puluhan Anak Panti Asuhan Dilarikan ke Rumah Sakit

Keracunan Makanan, Puluhan Anak Panti Asuhan Dilarikan ke Rumah Sakit

589

keracunan1
Boyolali, 6/10 (BeritaJateng.net) – Pusing, mual dan muntah menimpa  57 anak asuh Balai Pelayanan Sosial Panti Asuhan Pamardi Utomo Boyolali yang di duga  mengalami keracunan makanan usai sarapan dengan stik daging sapi yang dimasak dengan saos. Makanan tersebut merupakan pemberian dari catering yang dipesan untuk hajatan salah satu warga di sekitar panti asuhan. 

Kondisi yang terjadi hampir bersamaan membuat mereka terpaksa harus dilarikan ke rumah sakit untuk memperoleh penanganan lebih lanjut. Diantaranya di  Rumah Sakit Umum Daerah Pandan Arang, Boyolali, Jawa Tengah, dan UGD RS. PKU Muhammadiyah, Singkil Boyolali, Jawa Tengah Selasa  (6/10/2015). 

Kasubag TU Balai Pelayanan Sosial Panti Asuhan Pamardi Utomo, Sutiyar mengaku, anak-anak saat sarapan dengan menu masakan sendiri kemudian masih di tambah dengan stik daging sumbangan hajatan. 

“Kemudian sekitar 57 anak langsung di bawa ke RSUD. Pandan Arang, dan UGD. RS. PKU Muhammadiyah, Singkil, Boyolali untuk mendapatkan pengobatan,” terang Sutiyar. 

Sedangkan Muhammad Adi (14) salah satu anak di panti mengaku perutnya mulas dan mual juga pusing sesaat setelah sarapan pagi. 

“Karena mual dan mulas juga muntah, akhirnya saya dan teman – teman langsung dibawa ke Rumah Sakit,” ungkap Muhammad Adi. 

Sementara itu Koordinator UGD RSUD. Pandan Arang Boyolali, Jawa Tengah, Dr. Budi Karyadi mengatakan saat ini anak–anak yang dirawat di RSUD. Pandan Arang dirawat intensif. Penyebabnya belum diketahui secara pasti. Masih menunggu hasil laboratorium. 

“Saat ini sampel sisa makanan sudah kami bawa ke Laboratorium untuk diuji,” pungkasnya. (BJ24)