Home Hukum dan Kriminal Kepergok Mencuri, Seorang Pemuda Babak Belur Dihakimi Massa 

Kepergok Mencuri, Seorang Pemuda Babak Belur Dihakimi Massa 

1546
0
ilustrasi
        KAJEN, 13/9 (BeritaJateng.net)  – Nekat melakukan aksi pencurian sepeda motor pada siang hari dan di tempat keramaian, seorang pemuda warga Desa Bukur, Kecamatan Bojong, Kabupaten Pekalongan Hero (19), dihakimi massa.
     Berdasarkan informasi yang diperoleh Suara Merdeka, aksi pencurian itu terjadi sekitar pukul 21.00 di Desa Nyamok Kecamatan Kajen. Berawal ketika korban yakni warga Desa Sambiroto, Kecamatan Kajen, Trisno (26) sedang mengikuti pesta pernikahan temannya dan memarkir motornya di lahan kosong. Namun tiba-tiba malah dicuri kawanan pelaku.
      Kasubag Humas Polres Pekalongan Iptu Akrom ketika dikonfirmasi mengatakan, korban bersama teman-temannya berangkat dari rumah berboncengan menaiki sepeda motor Yamaha Scorpio nopol G 3456 TT untuk mengikuti pesta pernikahan di Perum Desa Nyamok Kecamatan Kajen. Ketika korban dan rombongan sampai di lokasi pada sekitar  pukul 21.15, langsung memarkirkan sepeda motor di lahan kosong dalam posisi menghadap utara dan di kunci ganda.
      “Namun karena kunci ganda agak rusak, jadi tidak sempurna menguncinya dan ditinggal begitu saja oleh korban,” terang dia.
       Selang beberapa lama kemudian atau sekitar pukul 23.05 saat korban bersama temannya hendak pulang menuju tempat parkiran, motor yang dimiliki sudah tidak ada di tempat. Atas kejadian itu korban bersama warga dan rekannya, berusaha mencari dengan bertanya kepada warga lain di lokasi. Dari informasi ada yang melihat kawanan pemuda tidak dikenal membawa sepeda motor Yamaha Scorpio.
       “Mengetahui hal itu akhirnya korban bersama temannya mengejar pelaku. Saat dicari, para pelaku berjumlah tiga orang ditemukan di depan Kantor Damkar Kabupaten Pekalongan, dengan posisi satu menaiki mendorong dan dua mendorong,” ucapnya.
       Ketika hendak diamankan, dua pelaku berhasil melarikan diri, sedang seorang pelaku berhasil ditangkap atas nama Hero (19). Lantaran kesal dengan ulah pelaku, sejumlah warga sempat menghakimi. Beruntung petugas dari Polsek Kajen yang mendapat informasi langsung mendatangi TKP dan mengamankan pelaku.
        “Guna pemeriksaan lebih lanjut kemudian pelaku dibawa ke Mapolsek bersama sejumlah barang bukti berupa satu unit sepeda motor Yamaha Scorpio tahun 2010 dengan Nopol G- 3456-TT warna merah marun. Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya akan dikenakan Pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan pemberatan ancaman hukuman tujuh tahun penjara. Dua pelaku lain masih tahap pengejaran,” katanya. (ST/El)