Home Kesehatan Kendal Harus Jadi Kota Ramah Lansia

Kendal Harus Jadi Kota Ramah Lansia

88
0
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo dan Bupati Kendal Mirna Annisa saat sidak ke Sungai Kali Aji, Kaliwungu. 
           KENDAL, 23/5 (BeritaJateng.net) — Kabupaten Kendal harus menjadi Kota yang ramah terhadap warga lanjut usia (lansia). Demikian disampaikan Bupati Kendal Mirna Annisa pada peringatan Hari Lansia Nasional di Pendopo Kabupaten Selasa (23/5/2017).
             Bupati Mirna dalam sambutannya yang dibacakan oleh Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM, Astuti Watiningrum mengatakan jika peringatan Hari Lansia ini merupakan momentum untuk lebih meperhatikan dan meningkatkan kesejahteraan lansia.
             “Pemerintah akan memperhatikan pelayanan kesehatan bagi lansia. Pemerintah juga akan memberikan tempat dan perlindungan bagi lansia yang terlantar,” Kata Astuti.
            Dikatakan, bagi lansia yang kondisinya masih sehat, pemerintah akan memberikan pendampingan supaya tetap produktif. Yakni dengan memberikan kegiatan keterampilan supaya dapat hidup mandiri.
             Bupati mengajak kepada seluruh masyarakat agar bersama-sama memperhatikan lansia  yang ada di sekitar. “Kepedulian bersama untuk bisa meningkatkan kesejahteraan, sehingga para lansia bisa menikmati hari tuanya dengan penuh kebahagiaan,” ujarnya.
           Sementara itu, Kepala Baperlitbang Kendal dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan oleh Sekretarisnya, Peni Astuti mengatakan, bahwa para lansia ini mempunyai pengalaman berharga yang bisa dijadikan contoh.
              Pasalnya, para lansia memiliki keahlian dan kearifan. Untuk itu harus ada kepedulian bersama untuk melindungi dan menyayangi para lansia supaya taraf hidup lansia sejahtera. “Masyarakat harus berperan aktif untuk memberikan bimbingan dan semangat kepada lansia untuk hidup sehat,” katanya.
             Peringatan Hari Lansia ini diawali dengan senam jantung sehat di Alun-alun, periksa kesehatan gratis di Pendopo Kabupaten, ceramah kesehatan dan siraman rohani. (sty/el)