Home Headline Kendal dan Pemalang Jadi Pilot Project Tempat Pelelangan Ikan Elektronik (e-TPI) 

Kendal dan Pemalang Jadi Pilot Project Tempat Pelelangan Ikan Elektronik (e-TPI) 

Plt Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Kendal saat mendampingi Bupati Kendal Dico M Ganinduto meninjau TPI Tawang

KENDAL, 19/1 (BeritaJateng.net) – Dalam rangka enhancement fasilitas Kartu Nelayan di Jawa Tengah menuju e-TPI, Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Tengah akan bekerja sama dengan PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk.

Hal tersebut tertuang dalam surat DKP Provinsi Jawa Tengah Nomor 523.5/631/1/2021, perihal Enhancement Kartu Nelayan Menuju e-TPI, yang ditandatangani Fendiawan Tiskiantoro, tanggal 18 Januari 2022.

Dalam surat disebutkan, bahwa kartu Nelayan Jawa Tengah diterbitkan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Tengah bekerja sama dengan PT BRI (Persero) Tbk.

Untuk enhancement fitur kartu nelayan akan dikembangkan digitalisasi proses pelelangan ikan di TPI, sehingga akan lebih mudah, rapi, cashless dan tercatat dengan baik.

Pilot area e-TPI direncanakan di TPI Tanjungsari Kabupaten Pemalang dan TPI Tawang Kabupaten Kendal.

Untuk itu kepada Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan di kedua Kabupaten tersebut dapat memfasilitasi PT BRI (Persero) Tbk, dalam melaksanakan Pilot Project e-TPI.

Menanggapi surat tersebut, Plt Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Kendal, Hudi Sambodo mengatakan, para nelayan selama ini terbiasa menjual ikan secara konvensional kepada pedagang ikan setempat atau tengkulak.

“Padahal harga yang dipasang oleh tengkulak biasanya rendah dan keuntungan nelayan dari melaut tak seberapa. Jadi dengan e-TPI ini, tujuannya agar harga tidak terlalu jatuh,” jelasnya, Rabu (19/1/2022).

Dirinya berharap ke depannya nelayan dalam menjual ikan bisa menggunakan aplikasi non tunai. Sehingga semua bisa tertata rapi dan nilai tawar bisa lebih bagus.

Untuk itu, Hudi mengaku, pihaknya siap untuk memfasilitasi pilot project yang dicanangkan Pemerintah bekerja sama dengan PT BRI (Persero) Tbk.

“Kami berharap, para nelayan di Kabupaten Kendal bisa memanfaatkan e-TPI ini. Karena dengan e-TPI akan membantu nelayan mengantongi pendapatan lebih tinggi dari sebelumnya,” pungkasnya. (Ak/El)