Home News Update Kenali Kesehatan Reproduksi Remaja

Kenali Kesehatan Reproduksi Remaja

614

PKBI

Semarang, 21/1 (beritajateng.net) – Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia (PKBI) Jawa Tengah melakukan diskusi mengenai kesehatan reproduksi remaja dengan beberapa stake holder, seperti Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan dan Dinas Sosial Pemuda dan Olahraga. Selain itu, beberapa LSM yang berkonsentrasi pada bidang kesehatan reproduksi juga turut hadir.

Diskusi dilaksanakan di Ruang Anggrek, Lantai 5 Hotel Pandanaran Semarang pada Rabu (21/1). Menurut Ketua Pengurus Harian PKBI Jawa Tengah, Widoyono, diskusi ini penting dilakukan lantaran generasi muda adalah ignorance generation (generasi yang terabaikan).

“Biasanya yang diperhatikan hanya usia rentan, seperti bayi dan manula. Tetapi remaja yang merupakan separuh dari penduduk di Jawa Tengah malah terabaikan,” papar Widoyono.

Dia khawatir jika remaja, khususnya masalah kesehatan reproduksinya tidak dikawal, maka akan menimbulkan permasalahan serius.

“Bonus Demografi yang kita miliki sekarang bisa jadi berubah menjadi Bencana Demografi. Akan timbul perilaku buruk dari remaja seperti kriminalitas, seks bebas, pengangguran di usia produktif dan lain-lain,” tambahnya. Diharapkan dalam diskusi kali ini akan tergambar sistem yang mensupport remaja. (BJ05)