Home News Update Kenaikan Harga BBM Pengaruhi Infrastruktur

Kenaikan Harga BBM Pengaruhi Infrastruktur

Bina Marga

Semarang, 24/11 (BeritaJateng.Net) – Kepala Dinas Bina Marga Jawa Tengah Bambang Nugroho mengungkapkan kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi tidak terlalu memengaruhi rencana pembangunan infrastruktur di provinsi setempat pada tahun depan.

“Dampak kenaikan harga BBM memang tidak signifikan. Akan tetapi, kami belum mempunyai hitungan pasti dampaknya pada rencana pembangunan infrastruktur,” katanya di Semarang, Senin (24/11).

Ia menjelaskan bahwa Dinas Bina Marga Jateng telah mengajukan anggaran untuk pembangunan infrastruktur pada RAPBD Jateng 2015 sebesar Rp2,1 triliun sesuai program tahun infrastruktur yang dicanangkan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo.

Menurut dia, anggaran sebesar itu akan digunakan untuk perbaikan jalan sepanjang 350 kilometer serta pembangunan, pemeliharaan, dan penguatan jalan secara berkala.

“Jumlah ruas jalan yang akan diperbaiki dan dibangun akan berkurang sebagai dampak dari kenaikan harga BBM,” ujarnya.

Dinas Bina Marga Jateng, kata dia, telah memperhitungkan adanya inflasi sebesar 8 persen pada tahun 2015 sebelum menetapkan rencana anggaran pembangunan infrastruktur sebesar Rp2,1 triliun.

Bambang berharap RAPBD Jateng 2015 dapat ditetapkan pada Desember 2014 agar rencana pembangunan infrastruktur di Jateng yang terbagi menjadi 129 paket itu bisa segera dikerjakan.

“Jika proses lelang yang memakan waktu dua bulan bisa secepatnya dimulai, maka pembangunan infrastruktur dapat dikerjakan mulai Februari 2015 dengan target penyelesaian selama sepuluh bulan,” katanya.

Bambang meminta pengertian masyarakat terkait dengan kemacetan lalu lintas yang muncul sebagai dampak dari proses pembangunan infrastruktur di sejumlah daerah.

“Kemacetan pada tahun depan akan bertambah karena panjang dan jumlah jalan yang dibangun juga bertambah banyak,” ujarnya. (ant/pri)

Advertisements