Home Headline Kementerian BUMN akan Bentuk Wadah Alumni Program Siswa Mengenal Nusantara

Kementerian BUMN akan Bentuk Wadah Alumni Program Siswa Mengenal Nusantara

87
0

Senarang, 31/7 (Beritajateng.net) – Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) saat ini sedang menggagas pembentukan wadah alumni peserta program siswa mengenal Nusantara (SMN) agar jejaring alumni program tersebut menjadi kuat.

“Untuk komunitas alumni SMN, nanti diisiasi Kementerian BUMN,” kata Ketua Panitia SMN dari Jateng Lilik Hardiyanto, usai pisah sambut peserta SMN dari Bengkulu dan Jawa Tengah, di Semarang, Minggu malam.

Program SMN merupakan program pertukaran siswa antarprovinsi yang diinisiasi Kementerian BUMN yang dilaksanakan oleh jajaran BUMN di bawahnya, dan tahun ini sudah memasuki kali ketiga pelaksanaan.
.
Diakuinya, keberadaan semacam komunitas untuk mewadahi para siswa yang pernah menjadi peserta SMN sangat diperlukan untuk membentuk jejaring, apalagi sampai saat ini sudah tiga kalinya SMN dilaksanakan.

“Ya, nanti akan dibuatkan semacam grup khusus untuk tindak lanjut dari program SMN ini,” kata Lilik yang juga Officer CSR and PKBL PT Pertamina Marketing Operation Region IV Jateng-DI Yogyakarta

Chandra J. Pangastu selaku CSR and SMEPP Planning and Quality Assurance Manager PT Pertamina menambahkan program SMN mengutamakan tumbuhnya rasa cinta nusantara dengan beragam kekayaan alam dan kebudayaannya.

“Para peserta dari masing-masing daerah diajak bertukar tempat selama satu minggu. Seperti dari Jateng ke Bengkulu, dan sebaliknya. Harapannya, menjadikan bekal wawasan dan kecintaan terhadap NKRI,” katanya.

Sementara itu, Muhammad Zamkhani selaku Direktur SDM dan Umum PT Asuransi Jiwasraya mengingatkan para peserta SMN merupakan siswa terpilih dari sekian juta siswa SMA dan SMK yang ada di kedua provinsi.

Artinya, kata dia, para peserta memiliki keunggulan yang bisa ditularkan kepada kawannya, diperkaya dengan pengalaman dan wawasan yang didapatkannya dari program pertukaran pelajar antarprovinsi tersebut.

“Mereka ini menjadi bibit unggul provinsi yang harus dijalin dalam suatu jaringan. Mereka bisa saling berbagi, ‘sharing’, dan mengenal pengetahuan dan kebhinnekaan yang menjadi kekayaan Indonesia,” pungkasnya

Beberapa BUMN yang menginisiasi kegiatan tersebut yakni PT Asuransi Jiwasraya, PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni), Perum LKBN ANTARA,
PT Pertamina, PTPN IX, PT Kawasan Industri Wijayakusuma, PT Taman Wisata Candi (TWC) Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko, serta PT Bahana.

(NK)