Home Lintas Jateng Kemenristek Dikti Dukung Transformasi Akpelni Jadi Politeknik

Kemenristek Dikti Dukung Transformasi Akpelni Jadi Politeknik

340
0
Prosesi wisuda Akpelni ke 42.
      SEMARANG, 21/9 (BeritaJateng.net) – Kemenristek Dikti mendukung transformasi atau perubahan Akademi Pelayaran Niaga Indonesia (Akpelni) menjadi Politeknik sesegera mungkin untuk bisa terealisasi. Saat ini proses berkas pengajuan perubahan sudah dipelajari dari pusat dan berharap bisa segera turun ijin dari pengajuan tersebut.
     “Kalau secara persyaratan baik itu tiga prodi yang sudah dimiliki di Akpelni sudah memenuhi syarat. Dikti sangat mendukung memang sebuah lembaga pendidikan tinggi itu harus dikembangkan,” tegas Sekdirjen Kelembagaan Iptek dan Dikti Dr Ir Agus Indarjo MPh Kemenristek Dikti usai mewisuda 339 Perwira Remaja Pelayaran Niaga dan Diploma III Akpelni, Jumat (21/9).
Wisuda ke-42 juga dihadiri Ketum Yayasan Wiyata Dharma Capt Sri Untung MPd M.Mar, Direktur Akpelni Capt Achmad Sulistyo, Kepala LLDIKTI Wilayah VI Jateng Prof DYP Sugiharto dan para alumni serta mitra Akpelni.
Indarjo menegaskan, Akpelni salah satu sekolah akademi pelayaran yang sudah cukup mapan sehingga sangat layak bisa segera berubah jadi politeknik. “Yang jelas, kita akan terus kawal perubahan ini dan dukung perubahan ini. Meski ini masih butuh proses dan sedang tahap evaluasi,” cetusnya.
Direktur Akpelni Capt Achmad Sulistyo mengatakan, sekolah akademi pelayaran ini memang sudah 54 tahun dan dari segi pengalaman dan jumlah alumni yang terserap di dunia pelayaran mungkin tidak terhitung. “Kita ini punya alumni yang sudah lulus ada enam ribu lebih,” jelasnya.
Dikatakan, lulusan Akpelni banyak diterima jadi pelaut karena banyak didukung para alumninya, serta sudah banyak yang pengalaman mulai ikut diklat dan memperdalam bahasa asing. “Apalagi ijasah Akpelni juga bisa untuk bekerja pelaut ke luar negeri,” ucapnya. Sementara wisuda terbaik kemarin diraih Sri Rahayu IPK 3,58 dari prodi nautika, M Hafidz Asyari IPK 3,23 dan Diana Dwi Nofita IPK 3,60 dari prodi tata laksana. (El)

WordPress database error: [MySQL server has gone away]
SELECT SQL_CALC_FOUND_ROWS brtjtg_posts.ID FROM brtjtg_posts LEFT JOIN brtjtg_term_relationships ON (brtjtg_posts.ID = brtjtg_term_relationships.object_id) WHERE 1=1 AND brtjtg_posts.ID NOT IN (83169) AND ( brtjtg_term_relationships.term_taxonomy_id IN (10,11,12,2408,2991) ) AND brtjtg_posts.post_type = 'post' AND ((brtjtg_posts.post_status = 'publish')) GROUP BY brtjtg_posts.ID ORDER BY brtjtg_posts.post_date DESC LIMIT 0, 6