Home Lintas Jateng Kemenhub Gelontorkan Dana untuk Pembangunan Terminal Tirtonadi

Kemenhub Gelontorkan Dana untuk Pembangunan Terminal Tirtonadi

image

Solo, 3/12 (Beritajateng.net) – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui anggaran APBN 2015 dan Provinsi Jawa Tengah lewat APBD tahun depan telah menganggarkan dana total sebesar Rp66 miliar untuk membantu melanjutkan pembangunan Terminal Bus Tirtonadi Solo sisi timur.

Bantuan dana sebesar Rp66 miliar tersebut terdiri dari bantuan lewat Kemenhub sebesar Rp61 miliar dan Provinsi Jawa tengah Rp5 miliar, kata Kepala Unit Pengelolaan Teknis Dinas (UPTD) Terminal Tirtonadi Solo Eko Agus Susanto di Solo, Rabu.

Ia mengatakan pihaknya sudah mempersiapkan pembangunan terminal induk itu. Salah satunya mempersiapkan perobohan terminal sisi timur pada Desember ini. “Ya kalau pembangunannya dimulai Januari 2015 mendatang,” katanya.

Dikatakan saat ini, UPTD mendata ada 56 pedagang yang menjajakan dagangannya kepada para penumpang dan awak bus. Lantaran akan dibangun, maka mereka akan dipindahkan ke bedeng sebagai kios sementara, tepatnya di dekat penurunan penumpang sisi timur dan barat.

Selain terminal sisi timur, pihaknya juga masih akan melakukan pembangunan pagar depan. Rencananya, APBD Provinsi Jawa Tengah bakal menggelontorkan dana untuk pembangunan pagar sebesar Rp5 miliar.

Ia mengatakan, pihaknya juga sudah menerima kucuran dana APBD Perubahan Provinsi 2014 untuk pembangunan dua shelter. “Saat ini pembangunannya sudah mencapai 90 persen. Sesuai dengan kontrak yang telah disepakati dengan pemenang lelang, 21 Desember harus selesai,” katanya. (ant/pj)