Home News Update Kemenag : Fakultas Baru Harus Perkuat Ciri Keagamaan UIN Walisongo

Kemenag : Fakultas Baru Harus Perkuat Ciri Keagamaan UIN Walisongo

Peresmian tiga fakultas baru Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo Semarang
Peresmian tiga fakultas baru Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo Semarang
Peresmian tiga fakultas baru Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo Semarang

Semarang, 4/11 (BeritaJateng.net) – Kegiatan penandatanganan prasasti peresmian gedung perkuliahan baru Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo Semarang ditandai dengan pemukulan gong sebanyak sembilan kali.

Banyaknya jumlah pemukulan gong juga menjadi sesuatu daya tarik semangat dari walisongo itu sendiri. Bahkan sebelum memasuki auditorium juga terpampang banyak ucapan selamat datang dan karangan bunga di sepanjang jalan trotoar UIN Walisongo ini.

Peresmian dilakukan Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin di Auditorium II kampus III UIN Walisongo, Rabu (4/11).

Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo Semarang kini memiliki tiga fakultas baru, yakni Fakultas Psikologi dan Kesehatan, Fakultas Sains dan Teknologi dan Fakultas Ilmu Sosial dan Politik.

Peresmian dihadiri Rektor UNDIP Semarang Yos Johan, Kakanwil Kemenag Jateng Ahmadi, sejumlah pendiri UIN Walisongo, dan civitas akademika UIN Semarang.

Dalam sambutannya, Lukman Hakim Saifuddin mengingatkan kepada civitas akademika UIN Walisongo, bahwa dengan bertambahnya sejumlah fakultas baru ini, bukan berarti meninggalkan sejumlah fakultas yang justru menjadi identitas lembaga pendidikan keagamaan tinggi UIN. Mengingat belakangan mulai terjadi fenomena dengan transformasinya lembaga dari IAIN menjadi UIN.

“Hal ini menjadikan fakultas atau program studi agama yang awalnya menjadi ciri dari IAIN dan sekaligus keagamaannya malah justru semakin tertinggal. Fakultas-fakultas yang menjadi ciri keagamaan pada UIN Walisongo harus diperkuat,” jelas Lukman. (BJT01)