Home Lintas Jateng Kekeringan, Warga Blora Bangun ‘Bangker’ Sumur di Tengah Sungai

Kekeringan, Warga Blora Bangun ‘Bangker’ Sumur di Tengah Sungai

Kekeringan melanda warga Blora sehingga mereka membuat sumur "Bangker" ditengah sungai.
Kekeringan melanda warga Blora sehingga mereka membuat sumur "Bangker" ditengah sungai.
Kekeringan melanda warga Blora sehingga mereka membuat sumur “Bangker” ditengah sungai yang kering.

Blora, 22/10 (BeritaJateng.net) – Kekeringan yang melanda sejumlah daerah, terasa lebih parah dialami warga Kecamatan Kunduran Kabupaten Blora, bahkan sebagian warga terpaksa membuat sumur di tengah sungai.

Endang warga Desa Sempu, Kecamatan Kunduran, Blora menyebutkan, warga telah mengalami kesulitan air sejak 4 bulan yang lalu, namun saat itu warga masih dapat memanfaatkan aliran sungai dengan membuat Belik, untuk kebutuhan mandi dan mencuci. Belakangan Blora juga mengalami kekeringan, sehingga warga terpaksa membuat sumur di aliran sungai tersebut.

“Kami terpaksa menggali lubang di Sungai agar dapat air, tapi itu juga air sedikit sehingga cepat kering dan harus ditunggu beberapa jam untuk dapat diambil lagi airnya. namun semenjak dibangun bangker kini warga tidak lagi harus ke sungai hanya memasang pipa yang disalurkan dari tandon air,” ujar Endang.

Menurutnya, pemerintah dan sejumlah lembaga swasta, belakangan menyalurkan bantuan air bersih, namun bantuan tersebut tidak dapat memenuhi kebutuhan seluruh warga, sehingga ada warga yang tidak mendapat bantuan.

“Namanya juga bantuan, sudah pasti tidak akan cukup. Saya sendiri tidak kebagian,” ungkapnya.

Sementara itu Suwarno Kepala Desa Sempu, Kecamatan Kunduran menyatakan, Kekeringan yang melanda Kabupaten Blora merupakan kekeringan terparah selama 7 tahun terakhir.

“Sepertinya tahun ini yang terparah, seperti yang terjadi pada tahun sebelumnya. untuk itu saya dibantu oleh warga membuat Bangker (lubang) didasar sungai sehingga saat ini bisa dimanfaatkan  warga Desa Sempu dan sebagian dari Desa Botoreco dan Desa Sonokidul,” ungkap Kades.(BJ31)