Home Lintas Jateng Kekeringan, BPBD Distribusikan Air Bersih ke Empat Desa di Jepara

Kekeringan, BPBD Distribusikan Air Bersih ke Empat Desa di Jepara

356
0
BPBD distribusikan air bersih ke empat wilayah di Jepara
BPBD distribusikan air bersih ke empat wilayah di Jepara
BPBD distribusikan air bersih ke empat wilayah di Jepara

Jepara, 13/8 (BeritaJateng.net)  – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jepara mulai melakukan distribusi (droping) air bersih di daerah yang mengalami krisis air bersih. Setidaknya, sudah empat desa yang sudah didrop air bersih.

Desa-desa itu adalah Desa Rajekwesi Kecamatan Mayong, Desa Tunggul Pandean dan Desa Blimbingrejo Kecamatan Mayong, serta Desa Kedung Malang Kecamatan Kedung. Droping air bersih dilakukan usai merampungkan distribusi puluhan tandon air, sepekan lalu.

Kepala Seksi Rehabilitasi dan Rekonstruksi BPBD Jepara, Jamaludin menyampaikan, distribusi sudah mulai dilakukan pada awal pekan ini. Secara umum, data desa yang rawan kekurangan air bersih sudah dikantongi. Hanya saja, memang baru empat desa itu yang meminta droping air bersih.

“Senin lalu kami sudah droping dua tangki di Rajekwesi, Selasa di Tunggul Pandean dan Kedung Malang  sebanyak satu tangki dan hari ini Blimbingrejo sebanyak satu tangki,” terang dia.

Hanya saja, dalam droping air bersih kemarin terjadi masalah berupa pecahnya satu tandon air di Rajekwesi dan Kedung Malang. Menurut Jamal, hal itu disebabkan tandon terlalu lama terkena panas dan hujan.

“Karena sifatnya kami hanya meminjamkan, maka akan kami ambil kembali. Jika memang butuh diganti, maka akan kami berikan ganti. Di gudang BPBD, masih ada beberapa tandon,” jelasnya.

Dia menandaskan, droping air bersih yang dilakukan didasarkan atas permintaan. Berdasarkan data BPBD, ada 63 desa di sembilan kecamatan di Jepara yang berpotensi mengalami krisis air bersih.(Bj18)