Home Headline Kejati Tahan Pejabat Pemkot Semarang

Kejati Tahan Pejabat Pemkot Semarang

  • Kasus Kredit Fiktif Bank Jateng
Kredit-Fiktif-1
ilustrasi

Semarang,13/1(Beritajateng.net) – Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jawa Tengah menahan tersangka atas dugaan kasus korupsi pengajuan kredit fiktif di Bank BPD Jateng tahun 2011.

Tersangka diketahui adalah Dra. Hartuti pejabat teras di Lingkungan Kantor Badan Pelayanan dan Perizinan Terpadu (BPPT) Kota Semarang.

Tersangka ditahan di Rutan Bulu, Semarang, setelah menjalani pemeriksaan sebagai tersangka di Kantor Kejaksaan Tinggi Jawa Tengah.

Kepala Seksi Penerangan Hukum Kejati Jateng, Eko Suwarni menyatakan penahan ini dilakukan setelah penyidik mengantongi sejumlah alat bukti.

“Penahanan ini dilakukan karena dikhawatirkan tersangka menghilangkan barang bukti, melarikan diri atau mengulangi Tindak Pidana,” katanya.

Penahanan akan dilakukan mulai Selasa 13 Januari hingga 20 hari kedepan.

Tersangka ditahan karena diduga telah melakukan pembobolan dana bank milik pemerintah Jawa Tengah dengan pengajuan kredit fiktif hingga cair miliaran rupiah.

Atas perbuatannya tersangka dijerat pasal 2 ayat 1 dan Pasal 3 UU Nomor 20 Tahun 2001 tentang Perubahan UU Nomor 31 tahun 1999 tentang pemberantasan tindak pidana korupsi Jo pasal 55 ayat 1 ke (1) KUHP.

Selain Hartuti, beberapa pimpinan Bank Jateng juga menjadi tersangka dan saat ini telah menjalani proses hukum. Salah satunya, mantan analis kredit Bank Jateng, Narto. (BJ15)