Home Hukum dan Kriminal Kejari Surakarta Musnahkan Upal dan Narkoba

Kejari Surakarta Musnahkan Upal dan Narkoba

Solo, 24/12 (Beritajateng.net) – Kejaksaan Negeri Surakarta memusnahkan uang palsu dan narkoba yang merupakan barang bukti kasus tindak kejahatan di Kota Solo yang sudah diputuskan di Pengadilan Negeri setempat, dari 2013 hingga 2014 di halaman Kantor Kejari, Rabu.

Pelaksanaan pemusnahan sejumlah barang bukti tindak kejahatan tersebut dipimpin langsung oleh Kepala Kejari Didik Joko Adi Purwoko yang disaksikan Kapolresta Surakarta Kombes Pol Iriansyah, pejabat Muspida setempat lainnya, dan sejumlah ormas dan tokoh masyarakat.

Didik dalam kesempatan itu mengatakan sejumlah barang bukti tersebut dalam proses persidangan sudah selesai dan diputuskan oleh Pengadilan. Sehingga, barang bukti ini, dimusnahkan dengan disaksikan sejumlah pejabat Muspida dan tokoh masyarakat setempat.

Menurut Didik Joko Adi Purwoko, barang bukti tersebut antara lain uang plasuk sebnayak 16 lembar recehan Rp100 ribu, Narkoba jenis ganja sebanyak 13,543 gram, sabu-sabu 102,739 gram, Celmet (26 butir), dan lexotan (empat butif), sejumlah peralatan isap seperi bong.

“Jumlah barang bukti yang dimusnahkan ini, merupakan 136 perkara yang telah berkekuatan hukum tetap di Solo. kita kumpulkan sejak 2013 hingga 2014 ini,” katanya.

Ia menjelaskan, barang bukti yang telah selesai proses hukumnya tersebut telah disimpan dengan baik di kotak penyimpanan, setelah terkumpul banyak baru dimusnahkan dengan disaksikan baik kepolisian, TNI atau Kodim, Pemerintah Kota Surakarta, sejumlah tokoh masyarakat.

Menurut dia, sejumlah barang bukti tersebut kini sudah dibersihkan seluruhnya sehingga pihaknya berharap ke depan seperti kasus narkoba dapat ditekan dan Solo tetap terjaga kondusifitasnya.

Sementara barang bukti sebelum dimusnahkan terlebih dahulu dilakukan penandatanganan sejumlah pejabat Muspida sebagai saksi. Barang bakti seperti upal dan narkoba jenis ganja degan cara dibakar, sedangkan sabu-sabu dihancurkan kemudian dicairkan yang kemudian dibuang di kloset. (ant/BJ)

Advertisements