Home Hukum dan Kriminal Kejari Minta Pemkot Semarang Lebih Transparan

Kejari Minta Pemkot Semarang Lebih Transparan

ilustrasi
ilustrasi
ilustrasi

Semarang, 1/5 (BeritaJateng.net) – Kepala Kejaksaan Negeri (Kejari) Semarang, Asep Nana Mulyana mengaku menerima permintaan bantuan dari Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang dan beberapa SKPD untuk mengawal di bidang hukum perdata dan tata usaha.

Menurutnya, saat ini, payung hukumnya juga telah dibuat bersama Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi.

Asep menyatakan jika masih merasa kesulitan jika akan melakukan tindakan. “Kesulitan kami adalah terkait data dan informasi yang kurang optimal dari pihak yang kami kawal (Pemkot-SKPD,Red.),” katanya.

Banyak di antara pihak kedua yang dia kawal hanya sebatas memasrahkan saja tanpa informasi lengkap. “Saya sudah berbicara kepada Wali Kota baik secara formal maupun nonformal tentang transparansi informasi,” tambah Asep.

Asep mengibaratkan kejari seperti dokter. Jika pihaknya hanya menerima keluhan seadanya, maka penanganan dan pengobatannya juga seadanya dan kurang optimal.

“Stakeholder juga harusnya memberikan umpan balik terhadap kekurangan dan masukan perkara perdata dan tata usaha Negara, sehingga dalam kesepakatan yang terjalin, kami dapat memperoleh data terkini dan akurat agar lebih mudah dalam mendiagnosa dan mengarahkan serta membantu Pemkot Semarang dan beberapa SKPD dalam perkara perdata dan tata usaha negara,” katanya.

Oleh sebab itu, lanjutnya, tolong koordinasikan secara matang, berikan data terkini dan akurat sehingga proses litigasi dan non litigasi mampu berjalan optimal sesuai harapan. (Bj05)