Home Hukum dan Kriminal Kejahatan Konvensional Dominasi Gangguan Kamtibmas

Kejahatan Konvensional Dominasi Gangguan Kamtibmas

preman

Manado, 17/2 (BeritaJateng.net) – Kapolda Sulawesi Utara (Sulut) Brigjen Pol Jimmy Palmer Sinaga, mengatakan hasil analisa dan evaluasi, gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) terjadi di daerah itu selama 2014 didominasi tindak kriminalitas atau kejahatan konvensional.

“Kejahatan konvensional itu seperti tindak pidana penganiayaan, penganiayaan berat dan pembunuhan,” kata Sinaga dalam sambutan tertulis dibacakan Wakapolda Sulut Kombes Pol Charles Ngili, di Manado, Selasa, saat upacara rutin bulanan.

Dia mengatakan, terjadinya kasus-kasus penganiayaan itu sebagian besar diawali dengan mabuk akibat mengkomsumsi minuman keras beralkohol.

�Hal ini patut menjadi perhatian kita bersama untuk diambil langkah-langkah pencegahan dan penegakan hukum yang konsisten,� katanya.

Menurut Kapolda, salah satu strategi penanggulangan masalah minuman keras beralkohol adalah dengan melakukan razia dan operasi secara rutin dan konsisten di seluruh Polres, Polresta jajaran.

“Diharapkan dengan adanya Perda Momor 4 tahun 2014 tentang pengendalian minuman beraklohol, akan menjadi payung hukum untuk melakukan penegakan hukum terhadap para pemabuk,” katanya.

Pada kesempatan, itu Kapolda menekankan beberapa hal penting antara lain, untuk melaksanakan kegiatan operasi rutin yang ditingkatkan dengan sasaran segala bentuk premanisme. (ant/BJ)