Home Nasional Kejagung Periksa Sekjen DPR Terkait Skandal Freeport

Kejagung Periksa Sekjen DPR Terkait Skandal Freeport

Jakarta, 16/12 (Beritajateng.net)– Kejaksaan Agung memeriksa Sekretaris Jenderal DPR Winantuningtyastiti Swasanani dalam penyelidikan perkara dugaan pemufakatan jahat yang melibatkan Ketua DPR Setya Novanto, pengusaha minyak Riza Chalid, dan Presiden Direktur PT Freeport Indonesia Maroef Sjamsoeddin.

Direktur Penyidikan pada Jaksa Agung Muda Pidana Khusus, Fadil Zumhana, mengatakan Titi –sapaan Winantuningtyastiti– diperiksa untuk dimintai keterangan soal tugas dan wewenangnya sebagai Ketua DPR selama ini.

“Ada satu yang hari ini diperiksa, Sekjen DPR. Dimintai keterangan seputar tugas dan wewenang Ketua DPR,” kata Fadil di Kejaksaan Agung, Jakarta, Rabu (16/12).

Total sudah 11 orang saksi yang diperiksa Kejaksaan. Sejumlah dokumen terkait kasus itu pun telah diselidiki.

Tim penyelidik Kejaksaan Agung hari ini juga berada di Yogyakarta dan Bandung untuk meminta keterangan ahli terkait perkara ini.

“Tim hari ini diterjunkan ke UGM dan ITB dalam rangka mendalami kasus. Mereka meminta keterangan ahli sesuai kapasitas ahli yang diperlukan,” kata Fadil.

Perkara pemufakatan jahat ini berkembang dari kasus etik yang dihadapi Setya Novanto di Mahkamah Kehormatan Dewan DPR. Setya diduga mencatut nama Presiden dan Wakil Presiden. Nasib setyo novanto apakah masih lanjut sebagai ketua DPR RI ditentukan dlm putusan final sidang MKD hari ini.(Bj50)