Home Headline Kedung Tritis di Kabupaten Semarang Potensial Jadi Destinasi Wisata

Kedung Tritis di Kabupaten Semarang Potensial Jadi Destinasi Wisata

583

SEMARANG, 13/2 (Beritajateng.net) – Kedung Tritis yang terletak di Desa Banding Kecamatan Bringin Kabupaten Semarang memiliki keindahan alam yang luar biasa dan sangat potensial untuk dikembangkan menjadi destinasi wisata baru di Kabupaten Semarang. Sayang infrastruktur jalan menuju lokasi ini kurang mendukung sehingga membutuhkan penanganan instansi terkait.

Kedung Tritis merupakan bagian dari Sungai Tritis yang terletak di Dusun Tugu Desa Banding. Akses jalan menuju Kedung Tritis melewati persawahan, hutan dengan jarak yang cukup jauh, medan perjalanan yang sulit menjadikan lokasi ini belum banyak diketahui masyarakat karena harus melalui bebatuan yang cukup besar dan licin.

Dari penelusuran yang dilakukan tim KKN Undip yang bertugas di Desa Banding, pemandangan alam di lokasi
Kedung Tritis sangat indah dengan bebatuan besar dan dikelilingi hutan jati.

“Panoramanya sangat indah dengan batu besar dan dikelilingi Hutan Jati. Di Hutan Jati inilah dihuni banyak Kera yang sering muncul sampai ke rumah penduduk untuk mencari makan,” ungkap Sany Risky Sikadi, Kordes KKN Desa Banding, Kamis (13/2).

Sany Risky menjelaskan, pihaknya menindaklanjuti potensi keindahan alam Kedung Tritis sudah membentuk Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis). Warga yang tergabung dalam Pokdarwis ini memiliki keinginan yang kuat untuk mewujudkan Kedung Tritis menjadi destinasi wisata unggulan.

“Pokdarwis sedang merencanakan perbaikan akses jalan menuju lokasi. Upaya ini dilakukan sambil menunggu peran instansi terkait dalam pembangunan infrastruktur jalan menuju Kedung Tritis,” pungkasnya.

Mahasiwa Undip yang saat ini melaksanakan KKN di Desa Banding adalah Sany Risky Sikadi (kordes) FT/Arsiterktur, Musthofaina Al Ahyar FIB/Ilmu Perpustakaan, Ficky Septi Yurini FPP/Peternakan, Irvine Nahla Anggraini FKM/Kesehatan Masyarakat, Korinatussofia Melati FIB/Sastra Indonesia, Regita Ayu Hanabila FT/Teknik Kimia.

(NK)